Keistimewaan Budidaya Lele yang Harus Diketahui

PertaniankuBudidaya lele tidak pernah ada matinya, banyak sekali keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari ikan berkumis ini. Ikan lele merupakan ikan air tawar kedua yang memiliki permintaan cukup tinggi. Selain itu, ikan ini juga memiliki pertumbuhan yang cepat dan mudah dibudidayakan. Berikut ini beberapa keistimewaan yang bisa Anda dapatkan dari budidaya lele.

budidaya lele
foto: pertanianku

Permintaan terus meningkat

Lele merupakan ikan air tawar yang memiliki permintaan cukup tinggi untuk memenuhi gizi masyarakat. Lele mudah dibudidayakan dan harganya terjangkau bisa dicapai oleh kalangan menengah ke bawah.

Loading...

Hampir semua warung makan dari yang pinggiran hingga berbentuk restoran menyajikan menu lele. Di beberapa sentra peternakan lele, ikan ini diolah menjadi produk makanan lain yang lebih menarik dengan harga jual yang lebih tinggi. Pasar lele tidak ada matinya asalkan Anda terus berusaha untuk mencari segmentasi yang tepat untuk memasarkan hasil panen Anda.

Banyak varietas unggul yang memiliki pertumbuhan cepat

Saat ini sudah ada banyak varietas lele yang unggul dengan pertumbuhan yang cepat. Lele yang sering dibudidayakan oleh masyarakat bisa dipanen dalam waktu 50—60 hari saja, bergantung pada ukuran benih dan teknik budidaya. Jenis lele yang bisa Anda gunakan adalah lele dumbo, lele sangkuriang, dan lele paiton.

Bisa di lahan sempit

Pembesaran lele seukuran ikan konsumsi bisa dilakukan di lahan sempit. Ikan lele layak konsumsi berukuran 8—12 ekor per kilogram. Untuk pembesaran lele bisa dilakukan di berbagai jenis kolam, lele tidak memerlukan kolam khusus. Oleh karena itu, lele bisa dibesarkan di lahan sempit.

Peralatan pendukung relatif sedikit

Anda tidak memerlukan peralatan yang terlalu banyak dan rumit untuk budidaya lele. Anda hanya memerlukan mesin diesel, hapa untuk memanen, seser, dan ember.

Baca Juga:  Waspada! 5 Binatang Ini Hama Ikan Lele

Budidaya yang mudah membuat masyarakat tertarik untuk mencobanya, bahkan sekalipun mereka yang belum pernah mencoba budidaya ikan air tawar. Budidaya lele juga bisa menjadi sarana media pembelajaran budidaya ikan air tawar. Agar lebih memahami cara budidaya ikan lele, baca penjelasan lebih lengkapnya dalam Panen Lele di Berbagai Wadah yang diterbitkan oleh Penebar Swadaya.

 

Loading...
Loading...