Keistimewaan Lengkeng Matalada, Lengkeng Berbiji Kecil yang Mudah Berbuah

Pertanianku — Lengkeng matalada terkenal sebagai lengkeng berkulit putih dan mudah berbuah. Jenis lengkeng ini memang masih terbilang baru populer, tetapi tidak menutup kemungkinan buah ini dapat dikembangkan menjadi skala bisnis karena rasa buah yang manis dan penampilannya yang unik. Ada beberapa keistimewaan lengkeng matalada yang disukai oleh hobiis tanaman buah, simak ulasan berikut ini.

lengkeng matalada
foto: Pertanianku

Ukuran bijinya kecil

Sesuai dengan namanya, ukuran biji lengkeng ini sebagian besar berukuran kecil sehingga mirip dengan lada. Ukuran biji yang kecil dapat membuat sensasi memakan daging buah menjadi lebih nikmat. Namun, ukuran biji yang konsisten tetap kecil baru bisa didapatkan setelah 3—4 kali tanaman berbuah. Saat itu, tanaman sudah mulai stabil menghasilkan buah yang bagus.

Sementara itu, tanaman yang baru berbuah biasanya cenderung menghasilkan buah dengan ukuran biji yang tidak seragam, ada yang berukuran besar dan kecil. Kondisi tersebut terbilang wajar karena tanaman masih dalam tahap belajar berbuah.

Produktivitas relatif bagus

Produktivitas matalada termasuk bagus, tetapi masih kalah dari lengkeng new kristal. Itu sebabnya lengkeng jenis ini masih jarang dikembangkan dalam skala bisnis dan lebih sering dipelihara untuk skala hobi.

Lengkeng new kristal sendiri dapat menghasilkan satu tangkai buah dengan bobot 1 kg, sedangkan matalada hanya dapat menghasilkan satu tangkai buah dengan bobot ½ kg. Bobot ini dipengaruhi oleh jumlah buah yang lebih sedikit di dalam satu tangkai buah.

Namun, produktivitas lengkeng matalada terbilang lebih bagus daripada jenis lengkeng lainnya karena gampang berbuah dan dapat menghasilkan buah dengan kualitas yang terbilang bagus. Oleh karena itu, matalada lebih disukai sebagai tanaman buah hias.

Adaptif

Tanaman lengkeng matalada relatif adaptif sehingga mampu mudah berbuah dengan cepat meskipun ditanam di pot. Tidak ada tindakan khusus yang perlu diberikan agar tanaman rajin berbuah, yang terpenting Anda harus memerhatikan kondisi lingkungan dan manajemen pemeliharaan yang tepat. Selebihnya, tanaman ini tidak terlalu rentan terkena serangan hama dan penyakit.

Baca Juga:  Kelompok Melon yang Populer

Sebenarnya, lengkeng dapat ditanam di dataran rendah hingga dataran tinggi. Namun, lengkeng matalada membutuhkan kondisi suhu yang berbeda antara siang dan malam agar mampu tumbuh optimal.

Untuk bertanam lengkeng matalada, Anda bisa mendapatkan bibit lengkeng matalada di Toko Trubus. Sebagai solusi pertanian, Toko Trubus menyediakan beragam kebutuhan bertanam. Mulai dari bibit dan benih tanaman, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengunjungi Toko Trubus terdekat di kota Anda.