Keistimewaan Sapi Limousin, Primadona Saat Hari Raya Kurban

Pertanianku — Di antara deretan sapi kurban, pasti Anda pernah mendengar sapi limousin. Sapi ini lebih sering dibeli oleh petinggi, seperti para pejabat. Ternyata, popularitas sapi limousin bukan tanpa sebab, sapi ini memiliki beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh sapi bangsa lainnya. Keistimewaan tersebut sebagai berikut.

sapi limousin
foto: pertanianku

Sapi tipe besar

Ukuran sapi limousin terbilang besar melebihi sapi bangsa lain. Ukuran yang besar tersebut juga diiringi dengan proses pertumbuhan yang lebih cepat. Habitat asli sapi limousin berada di perbukitan bertanah asam, kasar, bergulir, dan iklim keras. Akibatnya, pertumbuhan tanaman di daerah tersebut sangat sulit. Kondisi tersebut menyebabkan sapi memiliki kemampuan beradaptasi yang lebih baik.

Ukuran sapi yang besar membuat jumlah daging yang dihasilkan lebih banyak. Sementara itu, waktu penggemukan atau pertumbuhannya terbilang pendek dan singkat. Pertambahan bobot badan harian (PBBH) sapi berkisar 0,80—1,60 kg/hari.

Kualitas daging

Tak hanya besar, daging sapi limousin ternyata dinilai berkualitas. Tidak mengandung lemak serta empuk dan lezat untuk dijadikan olahan masakan. Keunggulan lain dari sapi berukuran besar ini ialah tidak berlemak secara genetika. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa potongan daging sapi limousin yang lebih besar, 95 persen bebas lemak. Persentase karkas daging sapi relatif tinggi, sekitar 48—55 persen.

Volume rumen

Ukuran tubuh yang besar juga diikuti dengan volume rumen yang besar. Sapi ini memiliki fleksibilitas yang luar biasa dan kapasitas untuk mengonversikan pakan ke dalam daging sapi terbilang cukup tinggi. Konversi pakan yang baik untuk sapi adalah 8,56—13,29. Dengan pemberian pakan yang baik, konversi pakan sapi bertubuh besar ini bisa mencapai 9—11.

Sistem reproduksi

Keunggulan lain sapi limousin juga terletak pada sistem reproduksinya. Sapi bertubuh besar ini mampu beranak setiap tahun setelah berumur tiga tahun. Masa kebuntingannya relatif pendek, yakni hanya sekitar 280 hari, sedangkan sapi tropis umumnya sekitar 285 hari.

Baca Juga:  Kekurangan dan Kelebihan Kandang Individu untuk Ternak Sapi

Karakteristik sapi

Limousin memiliki karakteristik pada trah yang kuat ketika digunakan dalam program persilangan.


loading...