Keistimewaan Si Merah Lengkeng Ruby Longan yang Eksotik

PertaniankuLengkeng merah ruby longan sudah terkenal sebagai salah satu lengkeng unggulan yang sedang diminati oleh pehobi buah. Hal ini disebabkan oleh penampilannya yang menarik dengan cita rasa buah yang manis, tingkat kemanisannya berada pada 21—24 briks.

lengkeng merah
foto: Toko Trubus

Jenis lengkeng ini terbilang genjah karena sudah bisa berbuah saat berumur 2 tahun sehingga cocok bagi Anda yang tidak sabar ingin menikmati hasil buahnya. Anda bisa menanam lengkeng merah ruby longan di pot karena tanaman ini memiliki tajuk yang rindang dan bagus. Tak hanya itu, penampilan warna yang berbeda dari tanaman lengkeng biasanya juga membuat tabulampot lengkeng merah memiliki daya tarik tersendiri.

Cara menanam lengkeng merah di pot hampir sama seperti cara menanam tanaman buah lainnya di pot. Media tanam yang digunakan dapat berupa kombinasi pupuk kandang, sekam bakar, tanah, dan cocopeat.

Selama masa pemeliharaan, tanaman perlu rutin disiram dua kali sehari, pada pagi dan sore hari. Penyiraman tidak dilakukan pada saat hujan turun. Anda juga perlu melakukan pemangkasan cabang agar bentuk tajuk tanaman tetap indah.

Pada masa produksi awal, lengkeng ruby longan dapat menghasilkan buah sebanyak 10—15 kg per pohon. Sementara itu, ketika sudah memasuki umur produktif, produksi buah dapat mencapai 30—50 kg per pohon.

Lengkeng ini mulai ditanam di Indonesia pada 2004, bibitnya didatangkan langsung dari Malaysia. Saat itu lengkeng ini ditanam di daerah Parung, Bogor. Ternyata, usaha tersebut membuahkan hasil, lengkeng merah itu untuk pertama kalinya berhasil dibudidayakan di Indonesia.

Dengan penampilannya yang menarik, yakni kulit buah yang berwarna merah, serta daun muda dan batangnya yang berwarna cokelat kemerahan berhasil menarik perhatian pehobi tanaman buah. Banyak pehobi yang mula penasaran dengan jenis lengkeng baru yang memiliki penampilan unik dan rasanya manis ini.

Baca Juga:  Langkah Tepat Mengatasi Penyakit Busuk Rimpang Tanaman Jahe Merah

Lengkeng merah adaptif di dataran rendah dan termasuk jenis lengkeng yang rajin berbuah. Saat ini jumlah bibit lengkeng merah ruby longan masih terbilang terbatas. Oleh karena itu, tak heran harga jual bibit buah ini masih cukup tinggi, berada di kisaran Rp550.000. Namun jangan khawatir, saat ini Toko Trubus sedang memberikan potongan harga untuk bibit lengkeng merah ruby longan yang indah tersebut.

Untuk informasi lebih lanjut, Anda  bisa langsung menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus. Anda juga dapat mengunjungi lokasi Toko Trubus terdekat di kota Anda.