Keistimewaan Susu Kambing untuk Kesehatan

PertaniankuSusu kambing terkenal sebagai sumber protein yang mudah dicerna oleh tubuh. Kambing sehat akan menghasilkan susu berwarna putih bersih, kekuning-kuningan, dan tidak tembus cahaya. Sementara itu, kambing yang sedang kurang sehat menghasilkan susu berwarna semu merah, semu biru, terlalu kuning, atau seperti air. Selain itu, susu menjadi agak berlendir dan menggumpal.

susu kambing
foto: pertanianku

Salah satu permasalahan yang kurang disukai dari susu kambing adalah aromanya. Aroma susu ternak ini memang sangat khas seperti bau kambing yang agak tajam. Bau tersebut disebabkan oleh jenis pakan yang diberikan. Oleh karena itu, peternak kambing perah tidak boleh asal-asalan saat memberikan pakan.

Susu kambing murni pada umumnya terasa sedikit manis, berlemak, dan enak. Rasa manis pada susu disebabkan oleh kandungan laktosa. Kandungan laktosa tersebut dapat dipisahkan dari cairan susu setelah kasein (protein) dibuat menjadi keju. Dibanding susu sapi, susu kambing memiliki beberapa keunggulan berikut.

Kandungan lemak dan protein

Susu kambing mengandung lemak dan protein yang lebih mudah dicerna oleh tubuh karena berbentuk lebih halus dan homogen. Lemak dan protein susu dapat dicerna oleh anak balita hingga orang tua. Oleh karena itu, susu ternak ini sering disebut aman untuk dikonsumsi oleh anak-anak dan orang lanjut usia yang tidak bisa meminum susu sapi karena mengalami gangguan pencernaan. Kandungan protein susu mengandung efek laksatif yang cukup lembut.

Vitamin B1

Kandungan vitamin B1 pada susu ini terbilang lebih tinggi jika dibandingkan dengan susu sapi.

Aman bagi penderita asma

Penderita asma dan radang paru-paru kronis dapat meminum susu sebanyak satu gelas setiap harinya untuk membantu penyembuhan penyakit.

Manfaat pada wanita dan pria

Baca Juga:  Mentan Syahrul Jamin Stok Daging Menjelang Puasa dan Lebaran Aman Terkendali

Wanita yang rajin meminum segelas susu akan memiliki kulit yang lebih halus. Sementara itu, pria yang rajin minum 2—3 gelas susu membantu mengatasi permasalahan impotensi.

Penyakit TBC

Susu dapat digunakan sebagai sumber gizi yang mampu mencegah atau menyembuhkan TBC pada balita. Susu tidak akan menyebabkan diare dan alergi karena susu tidak mengandung factor lactose intolerance.


loading...