Kejadian Janggal pada Ayam Ternak yang Wajib Diwaspadai

Pertanianku — Tingkah laku ayam ternak di kandang dapat berubah secara tiba-tiba. Perubahan tersebut dapat terjadi karena banyak faktor, seperti lingkungan dan cara pemeliharaan yang kurang benar. Dalam praktiknya memang cukup sulit untuk mendeteksi suatu jenis penyakit karena gejalanya sulit dibedakan dan terkadang gejala yang tampak lebih dari satu. Berikut ini beberapa gangguan yang perlu Anda waspadai.

ayam ternak
foto: Pertanianku

Ayam tidak nafsu makan

Ayam yang sedang sakit cenderung tidak nafsu makan, tetapi penurunan nafsu makan juga bisa disebabkan oleh ransum pakan yang kurang baik, stres, dan kandang terlalu panas. Sebagai langkah awal, Anda dapat mengganti ransum pakan yang digunakan dengan top mix atau vita chick. Setelah itu, berikan vitastress dan perhatikan bagian ventilasinya untuk memastikan ventilasi telah berfungsi dengan baik.

Ayam terlalu banyak minum

Ayam yang terlihat terlalu banyak minum bisa menjadi pertanda ayam sedang kurang sehat. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan pemberian terapi atau sulfamix.

Tingkat kematian tinggi

Tingkat kematian yang tinggi disebabkan oleh beberapa penyakit yang cukup ganas. Akan tetapi, tingkat kematian penyakit yang tinggi juga bisa karena pakan dan minuman yang disediakan di dalam kandang kurang, serta kondisi kandang kotor.

Untuk mencegah tingkat kematian yang tinggi, Anda perlu memerhatikan manajemen pakan yang diterapkan. Selain itu, cucilah kandang dengan neo antisep. Sementara itu, untuk mencegah penyakit ganas sepert tetelo dapat dilakukan dengan pemberian vaksin pada ayam yang masih sehat.

Ayam saling patuk

Ayam yang saling patuk bisa karena sifat kanibal alamiah, ayam kurang makan, atau ransum pakan yang diberikan kurang protein dan mineral. Untuk mencegah ayam saling mematuk, Anda perlu memerhatikan pakan yang diberikan, berikan top mix.

Ayam lemah dan lumpuh

Baca Juga:  Cara Mudah Membedakan Jenis Kelamin Anak Ayam

Kondisi tubuh ayam yang melemah dan lumpuh kemungkinan disebabkan oleh kurang makan atau kekurangan mineral seperti zat kapur. Kondisi tersebut dapat diatasi dengan menambah pakan dan menambahkan top mix, mineral B12, atau wonder ke dalam pakan.

Produksi telur yang terus menurun

Produksi telur ayam yang terus menurun dapat disebabkan oleh induk ayam kekurangan bahan pembuat telur. Kondisi tersebut bisa diatasi dengan memberikan stimulant egg.