Keji Beling, Tanaman Herbal dengan Sejuta Manfaat

Pertanianku Keji beling atau Strobilanthes crispus Bl atau Sericocalyx crispus (L.) adalah jenis tanaman yang berbatang basah dan menyerupai rumput berbatang tegak. Siapa yang menyangka, ternyata tanaman keji beling memiliki banyak manfaat menakjubkan yang bisa mengatasi berbagai penyakit.

Keji beling
Foto: Google Image

Keji beling mengandung zat-zat kimia seperti kalium, natrium, kalsium, asam silikat, alkaloida, saponin, flavonoida, dan polilenoi. Nah, berikut ini beberapa manfaat keji beling beserta cara pengolahannya.

1. Kencing batu

Loading...

Daun keji beling 1 gram, daun tembuyung 10 gram, air 100 ml. Bahan-bahan tersebut kemudian dibuat infuse, diseduh, dipipis, dan diminum 1 kali sehari 100 ml. Kemudian jika sudah dipipis dapat diminum 1 kali sehari ¼ cangkir.

2. Kencing manis

Daun segar 20—50 gram direbus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, kemudian dinginkan dan saring. Minum 3 kali sebanyak 1 gelas per hari.

3. Batu ginjal

Siapkan daun keji beling 50 gram, meniran segar 7 batang, dan daun ungu 7 lembar. Cuci terlebih dahulu, kemudian rebus dengan 4 gelas air sampai menjadi 2 gelas. Selanjutnya, dinginkan dan saring. Minum 3 kali sebanyak 2/3 gelas per hari.

Anda bisa juga menggunakan ramuan daun keji beling 5 lembar, daun tempuyung segar 5 lembar, tongkol jagung 6 buah, dicuci lalu direbus dengan 5 gelas air bersih sampai tersisa 2 ¼ gelas. Setelah dingin disaring, dibagi untuk 3 kali minum, untuk 1hari. Diminum sampai rasa sakitnya hilang.

4. Sembelit

Ambil ½ genggam daun keji beling segar, cuci bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Diminum setelah sudah dingin.

5. Wasir

Daun segar 20—50 gram, direbus dengan 6 gelas air sampai tersisa 3 gelas, dinginkan, saring, diminum 3 kali sehari.

6. Tumor

Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Tetapi, dilarang untuk mengonsumsi makanan seperti ikan asin, cabai, tauge, sawi putih, kangkung, nanas, durian, lengkong, nangka, es, alkohol dan tape, serta limun dan vitzin.

Baca Juga:  Mengupas Manfaat Teri Bagi Kesehatan Gigi

7. Diabetes mellitus

Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur.

8. Liver (sakit kuning)

Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Tetapi, dilarang untuk memakan makanan yang mengandung lemak.

9. Kolesterol tinggi

Daun keji beling mentah dan segar 3 lembar dapat dimakan sebagai lalapan setiap hari dan dilakukan secara teratur. Dilarang untuk mengonsumsi makanan yang berlemak.

Loading...
Loading...