Kekurangan dan Kelebihan Kandang Individu untuk Ternak Sapi

Pertanianku— Ada beberapa jenis kandang yang dapat digunakan untuk ternak sapi, salah satunya adalah kandang individu. Pada kandang ini sapi akan dipelihara dalam satu kandang sendiri. Di bagian depan kandang disediakan tempat pakan dan minum, sedangkan di bagian belakang dibuat saluran pembuangan kotoran.

kandang individu
foto: Pertanianku

Kandang individu sering digunakan sebagai kandang khusus untuk pejantan, kandang isolasi, atau kandang karantina untuk menampung sapi yang baru tiba atau sedang terjangkit penyakit.

Ukuran kandang individu rata-rata hanya sekitar 1,5 m × 2,5 m. Kandang jenis ini dapat dibuat dalam 1 atau dua baris dengan lorong di bagian tengah untuk memudahkan petugas memantau kondisi sapi yang berada di dalam kandang.

Sama seperti kandang umumnya, jenis kandang ini memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut ini ulasan lebih lengkap mengenai kelebihan dan kekurangan kandang individu untuk ternak sapi.

Kelebihan

Sapi yang dipelihara di dalam kandang jenis ini lebih mudah terhindar dari stres sehingga pertumbuhan sapi tidak akan terganggu. Karena satu kandang hanya berisi satu sapi, sapi-sapi akan terhindar dari perkelahian yang dapat membuat sapi lain cedera atau terluka.

Kandang individu memudahkan peternak untuk mengontrol pemberian pakan. Selain itu, sapi di dalam kandang tidak akan berebut pakan karena pakan akan disediakan oleh peternak di tiap-tiap kandang.

Proses pembersihan kandang akan berjalan lebih mudah sehingga penerapan sanitasi kandang juga berjalan lebih mudah.

Sapi yang dipelihara di dalam kandang akan lebih mudah terkontrol kondisi kesehatannya. Peternak dapat langsung mengetahui penyakit yang menyerang karena sapi dipelihara secara intensif.

Kekurangan

Kandang individu membutuhkan modal lebih besar serta lahan yang lebih luas. Pasalnya, satu petak kandang hanya dihuni oleh satu sapi. Jika jumlah sapi cukup banyak, jumlah petak kandang yang dibangun juga harus banyak.

Baca Juga:  Resep Ayam Kampung Rica-rica untuk Hari Lebaran

Perawatan kandang individu harus dilakukan lebih telaten. Itu sebabnya biaya operasional kandang relatif lebih besar. Tak hanya perawatan kandang, Anda juga perlu melakukan perawatan lebih intensif karena sapi hanya berada di dalam kandang. Dengan begitu, segala kebutuhan seperti pakan, minum, obat, vitamin, dan lain-lain harus dipenuhi oleh peternak.