Kekurangan dan Kelebihan Ternak Bebek Secara Intensif

PertaniankuTernak bebek secara intensif dilakukan di dalam kandang sehingga Anda perlu melakukan manajemen pemeliharaan, pemberian pakan, dan kontrol kesehatan secara terpadu. Pasalnya, bebek hanya dipelihara di dalam kandang dan tidak akan dikeluarkan seperti sistem ternak ekstensif atau tradisional dan semiintensif.

ternak bebek
foto: Pertanianku

Sistem ternak bebek secara intensif mirip seperti sistem ternak ayam ras. Sistem ternak ini bertujuan mendapatkan produktivitas bebek yang optimal sehingga hasil ternak yang didapatkan menjadi lebih maksimal.

Kegiatan pemeliharan pada sistem intensif meliputi pemeliharaan bibit, perkandangan, pemberian kandang, manajemen kesehatan dan reproduksi, pengelolaan pascapanen, serta pemasaran itik

Dalam pelaksanaannya, sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan seperti sistem ternak lainnya. Kekurangan dan kelebihan tersebut bisa menjadi bahan pertimbangan bagi Anda sebelum pada akhirnya menentukan sistem ternak bebek yang sesuai dengan kondisi dan kemampuan.

Sistem ternak intensif memudahkan peternak untuk mengontrol kondisi bebek setiap harinya, sehingga peternak bisa mengidentifikasi lebih dini jika terjadi kelainan atau serangan penyakit. Dengan begitu, kondisi kesehatan bebek lebih terjamin. Selain karena peternak dapat mengidentifikasi penyakit lebih cepat, pemberian pakan serta vitamin dilakukan secara teratur dan tepat waktu.

Anda bisa mendapatkan telur atau daging bebek yang lebih terjamin kebersihannya. Telur bebek yang bersih akan memudahkan proses pengolahan selanjutnya karena Anda tidak perlu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan telur yang terlalu kotor.

Sayangnya, sistem ternak intensif membutuhkan modal dan biaya yang cukup besar karena Anda perlu menyediakan kandang individu serta kebutuhan pakan dan vitamin.

Selain itu, seluruh kebutuhan bebek harus dipenuhi oleh peternak sehingga Anda tidak bisa meninggalkan itik tanpa persiapan yang matang. Jika pemberian pakan dan minum terlambat, hal tersebut menimbulkan efek yang kurang baik untuk bebek. Pasalnya, bebek selalu berada di dalam kandang dan tidak bisa mencari pakan serta minumnya secara mandiri.

Baca Juga:  Agribisnis Ayam Kampung Raih Posisi Ketiga sebagai Buku Agribisnis Terbaik 2021

Anda juga harus rajin membersihkan kandang karena seluruh aktivitas bebek dilakukan di dalam kandang. Itu artinya akan ada banyak penumpukan kotoran sehingga kotoran tersebut harus dibersihkan setiap hari agar tidak menimbulkan penyakit pada bebek.