Kekurangan Sorgum sebagai Bahan Pangan

Pertanianku Sorgum sama seperti beras dan jagung yang bisa dijadikan sebagai bahan pangan pokok. Akan tetapi, tanaman ini memang baru populer belakangan, tidak seperti beras dan jagung yang sudah lebih dahulu dikenal oleh masyarakat Indonesia. Potensi sorgum sendiri tergolong besar karena mengandung zat gizi lain yang tidak kalah bermanfaat. Sayangnya, tanaman pangan ini memiliki kekurangan sehingga memerlukan penanganan khusus untuk menjadikannya sebagai bahan pangan.

sorgum
foto: Pixabay

Sekam kulit sorgum terbilang sulit dipisahkan sehingga tanaman pangan ini tidak bisa digiling dengan mesin penggiling padi. Oleh karena itu, petani perlu menyediakan mesin penggiling khusus.

Secara alamiah biji sorgum mengandung tanin yang dapat memberikan rasa sepat seperti pada buah salak yang belum matang. Rasa sepat tersebut tergolong kuat karena kandungan taninnya mencapai 2,7–10,2 persen.

Kandungan tanin bisa dihilangkan melalui beberapa cara, salah satunya dengan perendaman menggunakan air suling (murni) selama 30 jam. Perendaman ini dapat membuat kadar tanin berkurang sampai 31 persen. Penelitian lain menunjukkan perendaman sorgum di dalam larutan natrium carbonat dapat menghilangkan kandungan tanin sebanyak 77,5 persen.

Melalui proses-proses tersebut, cita rasa beras sorgum tidak akan kalah dari beras padi pada umumnya. Akan tetapi, harga jualnya tergolong lebih tinggi. Saat ini harga jual sorgum di toko-toko online dibanderol Rp45.000 hingga Rp55.000 per kilogram.

Mengolah sorgum menjadi tepung unggulan juga membutuhkan usaha yang cukup besar. Pasalnya, produsen dihadapkan dengan permasalahan kandungan tanin dan tak adanya kandungan gluten. Gluten berperan seperti lem sehingga butiran tepung tak mudah lepas satu sama lain. Gluten-lah yang membuat adonan menjadi lebih kenyal dan mengembang ketika dipanaskan.

Minimnya kandungan gluten membuat karakteristik tepung sorgum hampir mirip dengan tepung beras atau tepung jagung. Namun, tepung ini tetap bisa digunakan untuk mengolah berbagai makanan. Apalagi, saat ini perkembangan culinary arts tidak pernah padam sehingga tepung sorgum memiliki potensi yang bagus.

Baca Juga:  Keistimewaan Anggur B2 Asal Ukraina

Sebagai informasi, sorgum mengandung protein dan mineral yang lebih tinggi dibanding beberapa tanaman bahan pangan lainnya.