Kelainan Bentuk Tubuh Unik Arwana


Kelainan Bentuk Tubuh Unik Arwana

Pertanianku – Beberapa keunikan pendongkrak harga arwana di antaranya adalah melengkung, bantet, sisik lurus, albino, platinum, dan kuning atau hitam pekat.

  • Arwana bantet

Arwana bantet (parrot) termasuk salah satu jenis arwana unik. Sama seperti jenis arwana sendok, bagian kepala arwana parrot melengkung ke arah bawah. Hanya saja, bagian lengkungan parrot lebih tajam bila dibandingkan dengan punggung arwana sendok.

Lengkungan yang tegas tersebut berbentuk menyerupai paruh burung pakit, keluarga burung parrot. Sepintas, bagian melengkung tersebut tampak menonjol seperti punuk sapi.

  • Arwana melengkung

Kondisi fisik yang membuat arwana menjadi langka dan unik adalah bentuk badannya yang melengkung menyerupai sendok. Arwana ini memiliki postur punggung melengkung sehingga bagian kepalanya lebih rendah daripada punggungnya.

Arwana melengkung ini bukan arwana bungkuk. Lengkungan di punggung arwana sendok tidak setegas lengkungan punggung arwana bungkuk. Biasanya, punggung arwana sendok melengkung secara pelan dari setengah badan sampai ke bagian ujung kepala.

  • Arwana sisik lurus

Kelainan ini juga sering disebut sisik naga (Ie thiaw lung). Jenis arwana seperti ini memiliki sisik di punggung yang lurus tidak terputus dari kepala sampai pangkal ekor. Arwana seperti ini dipercaya bisamengundang hoki alias keberuntungan bagi pemiliknya.

  • Arwana sirip panjang

Ukuran panjang sirip arwana yang tidak sewajarnya juga membuat tampilannya menjadi unik dan cantik Arwana ini memiliki sirip-sirip menjuntai panjang. Ketika arwana berenang, sirip-sirip tersebut akan menyerupai selendang.

 

Sumber: Buku Arwana

Baca Juga:  Tips Budidaya Lobster hias di Akuarium dengan Mudah