Kelebihan Ayam Joper Dibanding Ayam Kampung Lainnya

Pertanianku— Peminat ayam kampung terus bertambah setiap tahunnya. Hal ini karena mulai banyak masyarakat yang lebih menyukai daging ayam kampung dibanding ayam broiler. Salah satu ayam kampung yang biasa diandalkan oleh peternak adalah ayam joper.

ayam  joper
foto: pertanianku

Ayam joper merupakan inovasi yang dihasilkan dari kawin silang antara ayam kampung unggul dengan ayam ras petelur. Silangan ini menghasilkan ayam kampung super atau ayam kampung jowo super, biasa disingkat dengan ayam joper.

Karena ada kata unggulan dalam penamaan ayam joper, ayam kampung ini tentunya memiliki kelebihan dibanding ayam kampung lainnya.

Loading...

Pertumbuhannya jauh lebih cepat

Keunggulan pertama yang bisa dirasakan oleh peternak adalah pertumbuhan ayam joper yang lebih cepat dibanding jenis ayam kampung lainnya. Jika ayam kampung biasa yang dipelihara secara umbaran membutuhkan waktu untuk mencapai bobot 0,8—1 kg per ekor selama 4 bulan. Ayam joper hanya membutuhkan waktu maksimal selama 75 hari untuk mencapai kisaran bobot yang sama.

Ayam jowo super ini bisa mencapai bobot sebesar 0,8—1 kg hanya dalam kurun waktu rata-rata 60 hari, bahkan bisa kurang dari 60 hari. Rata-rata, ayam ini sudah bisa mendapatkan bobot 8 ons ketika umurnya sudah mencapai 50—55 hari, terutama untuk ayam jantan yang pertumbuhannya lebih cepat daripada betina.

Pertumbuhan yang berjalan lebih cepat sangat berguna untuk mempercepat produksi sehingga perputaran modal peternak menjadi lebih lancar.

Karakter tekstur dan cita rasanya sama

Meskipun pertumbuhannya jauh lebih cepat dibanding ayam kampung biasa, cita rasa serta tekstur dari daging ayam kampung jowo super tidak berbeda dengan ayam kampung biasanya. Oleh karena itu, daging ayam kampung joper tetap bisa dinikmati oleh penggemar kuliner ayam kampung.

Baca Juga:  Sarana dan Prasarana Kandang Domba yang Harus Ada

Daya tahan tubuh

Ayam joper memiliki daya tahan tubuh yang bagus terhadap lingkungan serta penyakit. Hal ini karena daya adaptasinya yang lebih tinggi karena masih terdapat darah ayam lokal. Ayam akan jauh lebih sehat ketika manajemen pemeliharaan yang diterapkan baik sehingga ayam tidak terserang penyakit.

Mudah

Pemeliharaan ayam joper terbilang mudah karena daya tahan tubuhnya yang kuat serta pertumbuhannya berlangsung dengan cepat. Anda hanya perlu melakukan manajemen pemeliharaan yang sesuai dengan SOP (Standard Operating Procedure).

Loading...
Loading...