Kelebihan Beternak Cacing Sutera dengan Wadah Nampan

Pertanianku — Wadah nampan menjadi pilihan alternatif untuk budidaya cacing sutera di lahan yang terbatas. Cara budidaya ini sudah banyak digunakan oleh peternak cacing sutera karena dianggap lebih efisien dan hemat tempat. Ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan ketika menggunakan nampan sebagai wadah untuk beternak cacing sutera, simak informasinya berikut ini.

beternak cacing sutera
foto: Pertanianku

Hemat air

Budidaya cacing sutera dengan wadah nampan akan menggunakan sistem vertikal atau bertumpuk ke atas. Pengisian air dengan sistem ini hanya perlu dilakukan pada awal pemeliharaan. Air yang yang sudah masuk ke instalasi akan mengalir ke wadah yang paling bawah dan kemudian ditampung pada wadah yang sudah disediakan. Selanjutnya, air tersebut akan dialirkan kembali ke nampan yang paling atas dengan menggunakan pompa air.

Budidaya dengan sistem ini dianggap cukup efektif untuk mengurangi volume penggunaan air yang berlebih. Namun, Anda harus memiliki pompa air agar sirkulasi air berjalan lancar. Selain itu, Anda juga harus waspada ketika aliran listrik mati karena pompa juga akan terhenti dan air menjadi tidak mengalir.

Hemat probiotik dan obat-obatan

Pada sistem ini, probiotik dan obat-obatan yang sudah tercampur dengan media atau substrat budidaya cacing sutera tidak akan terbuang sia-sia. Meskipun probiotik pada media ternak terbawa oleh air, kandungan probiotik tersebut akan masuk ke nampan lain yang berada di bagian bawah atau atas.

Hemat lahan

Ketersediaan lahan memang sering kali menjadi penghalang seseorang ketika ingin beternak. Cacing sutera sama seperti budidaya ikan yang umumnya membutuhkan kolam untuk berkembang biak. Kolam tersebut dapat dibuat menjadi lebih ringkas dan efisien dengan menggunakan wadah. Sistem budidaya bisa dijadikan secara bersusun agar bisa memuat lebih banyak nampan sehingga hasil yang didapatkan akan jauh lebih banyak dan optimal.

Baca Juga:  Kementan Mulai Siaga dengan Penyakit Hewan LSD

Namun, pengaturan jumlah nampan tidak bisa dilakukan sembarangan. Anda tidak bisa menggunakan nampan sebanyak-banyaknya agar hasil panen melimpah. Anda harus memerhatikan kondisi kekuatan rak yang digunakan karena jika berlebihan malah akan menyebabkan rak roboh.