Kelebihan Budidaya Gurami yang Bisa Didapatkan

Pertanianku — Gurami merupakan ikan air tawar yang terkenal dan diminati oleh masyarakat. Menu olahan gurami juga tersedia di rumah makan sebagai menu andalan. Hal ini karena rasa daging gurami yang gurih dan lezat. Budidaya gurami memang cukup lama karena pertumbuhannya sangat lambat jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Namun, sebenarnya ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari budidaya gurami.

budidaya gurami
foto: pertanianku

Pasar menerima segala ukuran

Pertumbuhan ikan gurami memang berlangsung sangat lambat jika dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya. Namun, kelebihan budidaya gurami yang tidak dimiliki oleh ikan air tawar lainnya adalah semua ukuran ikan gurami laku di pasaran, mulai dari ukuran yang belum siap panen hingga ukuran panen. Bisa dikatakan pangsa pasar ikan gurami cukup luas karena tidak hanya bergantung pada ikan ukuran konsumsi.

Loading...

Luasnya pasar ikan gurami dapat memberikan peluang bagi siapa saja untuk membudidayakannya sesuai dengan keinginan. Anda pun bisa memilih berbagai segmen usaha, baik pembenihan maupun pembesaran dengan berbagai ukuran mulai dari anakan hingga ukuran mendekati ikan konsumsi.

Peluang pasar masih besar

Sampai saat ini permintaan ikan gurami ukuran konsumsi masih cukup tinggi, tetapi persediaan yang ada masih kurang. Selain ukuran konsumsi, permintaan gurami ukuran benih masih sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dari tingginya permintaan gurami di dua lokasi pasar benih ikan yang ada di Bogor, yaitu Ciseeng dan Parung. Pasar tersebut selalu penuh dan benih gurami selalu habis terjual.

Dukungan teknologi budidaya sudah tersedia

Saat ini sudah ada teknologi budidaya gurami yang lebih mutakhir untuk memudahkan para pembudidaya untuk memelihara ikan secara intensif dan tepat. Dengan begitu, pertumbuhan gurami dapat berjalan jauh lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga:  Cara Panen Benih Ikan Lele yang Benar

Stigma ikan lambat tumbuh pada gurami pun bisa diatasi dengan teknologi tersebut. Dukungan teknologi tersebut sudah disediakan oleh balai riset institusi pemerintah dan pelaku budidaya gurami yang sudah berhasil. Dengan adanya teknologi tersebut, para pembudidaya bisa memenuhi permintaan gurami lebih cepat.

Ikan gurami tinggi peminat

Gurami sering menjadi hidangan andalan di beberapa rumah makan dan acara resepsi. Hal ini karena daging ikan yang tebal sehingga tampak menarik dihidangkan di atas meja. Selain itu, rasa daging gurami dianggap lebih enak dibanding ikan air tawar lainnya.

Hemat lahan dan air

Gurami merupakan ikan air tawar yang bisa dioptimalisasikan di lahan sempit dan dengan air berkualitas rendah. Kebutuhan air budidaya ikan gurami juga tidak terlalu banyak sehingga menjadi solusi untuk budidaya perikanan di tengah kondisi yang terbatas.

 

 

 

 

Loading...
Loading...