Kelebihan dan Kekurangan Jenis-jenis Kolam Terpal

Pertanianku — Ada beberapa macam jenis kolam terpal yang bisa Anda buat, jenis tersebut berdasarkan bentuk dan bahan. Jenis kolam terpal bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta kesanggupan Anda untuk membuatnya. Setiap jenis kolam terpal memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Anda harus mengetahui kekurangan dan kelebihan tersebut untuk mengantisipasi kejadian yang tidak terduga selama proses pemeliharaan. Simak ulasan lebih lanjutnya di bawah ini.

jenis kolam terpal
foto: pertanianku

Kolam terpal di atas permukaan tanah

Kelebihan jenis kolam ini adalah praktis dan sangat mudah untuk dibuat, Anda tidak perlu menggali tanah terlebih dahulu. Ikan yang dipelihara di dalam kolam ini tidak mudah lepas dan tidak mudah terkena banjir. Proses panen yang dilakukan pada kolam ini terbilang lebih mudah. Serangan hama bisa lebih diminimalisir dan investasi pembuatannya pun kecil.

Loading...

Namun, kekurangan dari kolam ini mudah jebol jika konstruksi yang dibuat tidak kuat dan suhu pada jenis kolam ini sangat fluktuatif.

Kolam terpal di dalam tanah

Kolam ini lebih kuat dan tidak mudah rusak dibandingkan kolam yang ada di permukaan tanah. Jenis kolam terpal di dalam tanah akan memudahkan Anda untuk mengisi kolam dengan air dan suhu dalam kolam ini terbilang lebih stabil sehingga tidak mengganggu ikan yang ada di dalamnya.

Kekurangan dari kolam yang ada di dalam tanah yang pasti adalah lebih mudah terkena banjir dan saat banjir ikan akan keluar dari kolam. Pembuatan saluran air pada kolam terbilang cukup sulit dan investasi pembuatannya cukup besar.

Kolam terpal dengan kerangka bambu dan kayu

Pembuatan kolam ini terbilang lebih murah, mudah, dan praktis. Apalagi jika pembuatan kolam ini ditujukan untuk kolam yang berukuran cukup besar. Kerangka dari bambu atau kayu bisa digunakan untuk luas lahan yang terbatas.

Baca Juga:  Fakta Menarik Kacang Panjang

Namun, kerangka bambu atau kayu sangat mudah dimakan oleh rayap sehingga daya tahannya tidak lama dan jika pengikatnya tidak kuat, kolam bisa bocor.

Kolam terpal dengan kerangka besi

Pastinya kerangka yang terbuat dari besi lebih kuat dan praktis digunakan pada lahan yang sempit. Namun, penggunaan besi membuat biaya pembuatan menjadi lebih mahal, agak sulit dalam pembuatannya, dan mudah berkarat sehingga bisa merusak terpal.

Kolam terpal dengan kerangka pipa ledeng

Kerangka yang terbuat dari kerangka ledeng terbilang cukup kuat jika anyamannya tepat, pembuatanya lebih praktis, dan sangat cocok digunakan pada lahan yang sempit. Namun, cara pembuatannya lebih rumit dibanding jenis kolam lainnya dan jika anyaman kerangka tidak tepat bisa menyebabkan kerangka melengkung.

 

Loading...
Loading...