Kelebihan dan Kekurangan Kandang Baterai untuk Ternak Ayam Buras

Pertanianku— Terdapat beberapa jenis kandang yang bisa digunakan untuk ternak ayam buras. Jenis kandang yang digunakan harus mampu membuat ayam nyaman dan memudahkan pekerjaan para pekerja dalam merawat ayam. Pada dasarnya, tiap jenis kandang memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Salah satu jenis kandang yang sering digunakan adalah kandang baterai.

kandang baterai
foto: pertanianku

Kandang tipe baterai merupakan kandang yang berbentuk sangkar atau empat persegi panjang. Kandang disusun secara berderet memanjang dan bertingkat dua atau lebih. Setiap sangkar hanya diisi oleh satu ekor. Berikut ini kelebihan dan kekurangan kandang baterai untuk ternak ayam buras.

Kelebihan

Kandang yang disusun secara bertingkat dapat membuat penggunaan tempat menjadi lebih efisien sehingga peternak bisa menghemat biaya pemeliharaan. Ukuran satu sangkar kandang tidak begitu besar sehingga ayam tidak dapat mengeluarkan energi yang terlalu banyak. Dengan begitu, hasil metabolisme ternak akan lebih banyak diperuntukkan membentuk daging.

Karena setiap sangkar hanya dihuni oleh satu ekor ayam, ayam-ayam tidak akan saling bersentuhan secara langsung. Kondisi ini dapat membuat penularan penyakit menjadi lebih lambat. Selain itu, ayam tidak akan saling mematuk sehingga sistem kandang baterai bisa meminimalisir timbulnya luka pada tubuh ayam. Pemberian pakan dan minum juga berlangsung lebih mudah dan efektif.

Penggunaan kandang baterai dapat memudahkan proses pemantauan kondisi kesehatan ternak melalui kotoran. Pasalnya, kotoran ayam tidak akan saling bercampur dengan kotoran ayam yang lain.

Kekurangan

Meski terbilang lebih hemat dan mengefisiensikan lahan, sayangnya biaya pembuatan kandang baterai cukup mahal. Peternak harus membuang kotoran ayam lebih sering secara rutin. Pasalnya, kotoran yang terlambat dibuang dapat mengundang lalat dan bibit penyakit.

Penggunaan kandang baterai dapat membuat ternak ayam buras kekurangan sinar matahari pagi. Kondisi ini bisa menyebabkan ayam rentan terserang penyakit lepuh dada atau pembengkakan pada tulang dada. Selain itu, karkas yang dihasilkan kurang baik. Itu sebabnya banyak yang berpendapat penggunaan kandang baterai kurang menguntungkan.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Propolis yang Mengandung Segudang Manfaat