Kelebihan dan Kekurangan Kolam Tanah untuk Pemijahan Belut

Pertanianku— Ada banyak jenis wadah yang bisa digunakan untuk kolam pemijahan belut. Salah satu jenis wadah yang paling sering digunakan adalah kolam tanah. Kolam ini dibangun dengan menggali tanah atau menanggul tanah agar air bisa ditampung dan menghasilkan pelumpuran.

kolam pemijahan belut
foto: Pertanianku

Penggunaan kolam tanah sebenarnya bisa memberikan habitat alami bagi belut sehingga belut merasa aman dan nyaman melakukan pemijahan di kolam tersebut.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan kolam tanah sebagai kolam pemijahan belut, sebaiknya bangun kolam tersebut di tanah yang relatif luas agar kegiatan pemijahan bisa berjalan lancar.

Pastikan pasokan air ke kolam tersebut bisa berlangsung secara terus-menerus karena sifat tanah yang tidak bisa menahan air dalam jangka waktu yang lama. Jika pasokan air tidak lancar, pembudidaya bisa mengalami kekeringan yang bisa menyebabkan kerugian.

Pilihlah lokasi kolam tanah di daerah yang tidak mudah runtuh. Anda bisa membangun penahan atau benteng dari anyaman di sepanjang dinding kolam.

Hal penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan adalah perhatikan bagian dinding kolam jangan sampai dinding tersebut bisa ditembus oleh belut. Hal ini mengingat belut dapat membuat lubang di dalam lumpur dan tanah.

Kemampuan belut menerobos tanah dan lumpur menjadi salah satu kekurangan dari kolam tanah yang wajib diwaspadai. Biasanya, pembudidaya mengalami kehilangan populasi belut yang dibudidayakan ketika menjelang panen karena belut kabur melalui dinding kolam.

Kelebihan yang paling utama dari penggunaan kolam ini adalah mudah dibuat dan harganya murah. Kolam tanah juga bisa digunakan untuk budidaya dalam skala besar. Penggunaan kolam ini juga bisa lebih memudahkan Anda dalam mengontrol kondisi pH tanah karena pH tanah cenderung lebih stabil.

Baca Juga:  Jangan Sampai Salah, Begini Cara Memberikan Pakan Ikan Arwana yang Tepat

Belut yang dipeihara di dalam kolam cenderung lebih mudah terserang hama. Hama tersebut sama seperti belut bisa menyelundup lewat lubang di tanah. Hama yang biasa menyerang belut adalah ular dan kepiting.

Kekurangan dan kelebihan yang dimiliki kolam tanah bisa disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan Anda. Kekurangan kolam tanah perlu diketahui untuk mengantisipasi kejadian yang bisa terjadi sewaktu-waktu di tengah proses pemeliharaan.


loading...