Kelebihan dan Kekurangan Model Kandang Itik Terbuka

Pertanianku — Kandang layer itik digunakan untuk memelihara itik yang sudah berumur lebih dari 18 minggu atau sudah siap bertelur. Masa ini merupakan masa paling penting karena bisa menentukan kerugian dan keuntungan yang didapatkan oleh peternak. Ada dua model kandang itik yang bisa dibangun.

model kandang itik
foto: pertanianku

Model kandang tersebut harus dipertimbangkan sejak awal karena tiap model memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan oleh kebutuhan dan kondisi peternak. Selain model, peternak juga perlu menentukan bahan yang akan digunakan untuk membuat kandang.

Kandang terbuka memiliki kelebihan dan kekurangan yang bisa disesuaikan dengan kondisi peternak. Meskipun kandang ini lebih mudah membuat itik stres, kandang terbuka juga bisa membuat sirkulasi udara berjalan lebih lancar.

Kelebihan kandang terbuka adalah pembuatannya yang mudah karena hanya terdiri atas kerangka dan atap. Pembuatannya yang mudah membuat modal pembuatan kandang menjadi lebih murah karena peternak tidak perlu membuat dinding, hanya perlu dilengkapi dengan sekat sebagai pembatas kandang.

Karena tidak ada dinding kandang, pencahayaan yang masuk ke kandang menjadi lebih optimal dan kandang menjadi terang. Sirkulasi udara di dalam kandang terbuka juga jauh lebih lancar sehingga kondisi udara di dalam kandang menjadi lebih segar, bau kotoran itik juga cepat menghilang.

Kekurangan dari kandang terbuka adalah kondisi kesehatan itik yang sangat mudah dipengaruhi oleh kondisi luar. Itik yang dipelihara di dalam kandang juga lebih mudah terkejut jika ada manusia atau binatang yang berlalu lalang di sekitar kandang.

Kandang yang terbuka tidak dapat menghalau kondisi cuaca yang kurang baik sehingga embusan angin yang terlalu besar atau air hujan yang deras dapat masuk ke kandang. Karena terbuka, kondisi lantai kandang sangat rawan lembap. Itik juga bisa merasa tidak nyaman saat bertelur sehingga produksi telur menjadi tidak maksimal.

Baca Juga:  Syarat Kandang yang Ideal untuk Ayam Petelur

Kalau peternak merasa kurang nyaman dengan kondisi kandang terbuka, peternak masih bisa menggunakan model kandang lainnya seperti kandang tertutup, kandang panggung, dan kandang kombinasi.


loading...