Kelebihan dan Kekurangan Ternak Ayam KUB

Pertanianku — Apakah Anda tahu ayam KUB? Apa kelebihan dan kekurangan ternak ayam KUB? Ayam KUB atau ayam ungggul Balitnak adalah hasil persilangan antara sesama ayam kampung yang mempunyai beberapa keunggulan.

kelebihan dan kekurangan ternak ayam KUB
Foto: Google Image

Jenis ayam KUB merupakan hasil riset dari Balai Penelitian Ternak (Balitnak) Bogor, dan hal itu sekaligus menjadi asal-usul ayam KUB. Ayam KUB dibuat untuk tujuan petelur. Postur tubuh ayam KUB tidak jauh berbeda dengan ayam kampung lainnya, warnanya pun hampir sama.

Kelebihan ayam KUB


Loading...

Karena ditujukan untuk ayam petelur, dalam satu tahun ayam KUB mampu menghasilkan telur sebanyak 180 butir. Tetapi, masa panen ayam KUB membutuhkan waktu 70—90 hari, lebih cepat daripada ayam kampung biasa yang memerlukan waktu sekitar 5 bulan. Perkembangannya lebih cepat, memiliki daya tahan yang tinggi akan penyakit, sama halnya seperti ayam joper. Sifat mengeramnya juga rendah seperti ayam joper.

Kekurangan ayam KUB

Jika dibandingkan dengan ayam joper, masa panen ayam KUB lebih lama, yaitu memakan waktu sampai 90 hari, sedangkan ayam joper hanya memakan waktu 60 hari. Pakannya juga relatif lebih mahal karena ayam KUB memang ditujukan sebagai ayam petelur.

Ayam KUB harus mengonsumsi pakan yang mengandung kualitas gizi tinggi seperti protein dan kalsium yang tinggi untuk menunjang pembentukan cangkang telur. Jumlah pakannya pun relatif lebih banyak.

Loading...
Loading...