Kelebihan dan Kekurangan Tiap Jenis Kandang Itik

Pertanianku— Ada banyak jenis kandang itik yang dapat digunakan. Anda bisa menggunakan kandang terbuka, tertutup, kandang panggung, kandang baterai, atau kandang kombinasi tertutup dan terbuka. Tiap jenis kandang itik memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri yang dapat Anda sesuaikan dengan kondisi.

jenis kandang itik
foto: Pertanianku

Kandang terbuka

Pembuatan kandang terbuka lebih mudah karena Anda hanya perlu membangun kerangka kandang dan atap. Oleh karena itu, modal yang dibutuhkan tidak begitu besar. Kandang terbuka dapat memungkinkan cahaya matahari langsung masuk ke kandang dan sirkulasi udara berjalan lebih baik.

Sayangnya, kandang terbuka membuat itik lebih mudah terpengaruh oleh kondisi luar kandang, seperti orang yang lalu lalang, binatang liar, embusan angin, ataupun air hujan. Kondisi lantai kandang juga rawan lembap dan menyebabkan kondisi telur kotor. Kondisi kandang yang terbuka dapat membuat itik kurang nyaman sehingga produksi telurnya tidak maksimal.

Kandang tertutup

Kandang tertutup lebih memudahkan peternak untuk melindungi itik dari berbagai gangguan yang datang dari luar. Peternak juga lebih mudah mengawasi itik dan gerak itik menjadi lebih terbatas sehingga produksi telurnya lebih tinggi.

Namun, kandang tertutup sangat rawan mengalami gangguan pada sirkulasi udara. Kandang ini juga sulit dibersihkan dan lebih mudah menularkan penyakit antara satu itik dan itik yang lainnya.

Kandang panggung

Kandang panggung terbilang lebih bersih karena kotoran itik jatuh ke kolong kandang, keamanan itik lebih terjamin, itik tidak terlalu banyak mengeluarkan energi, dan pemberian pakan lebih mudah.

Sayangnya, pembuatan kandang panggung membutuhkan biaya yang lebih mahal dan harus mendapatkan perawatan yang lebih intensif, terutama pada kondisi tiang penyangga lantai.

Kandang baterai

Kandang baterai dapat memudahkan peternak mengumpulkan telur. Telur yang dihasilkan pun lebih bersih. Peternak juga lebih mudah mengontrol produktivitas itik dan mencegah penularan penyakit. Namun, biaya pembuatan kandang baterai lebih mahal dibanding kandang panggung dan pengelolaannya harus dilakukan dengan cermat.

Baca Juga:  Agribisnis Ayam Kampung Raih Posisi Ketiga sebagai Buku Agribisnis Terbaik 2021

Kandang kombinasi

Kandang kombinasi terbilang cocok untuk itik petelur karena itik bisa beristirahat di dalam kandang yang tertutup dan bermain atau makan di kandang yang terbuka. Kandang ini multifungsi dan tidak memerlukan biaya pembuatan yang begitu mahal.