Kelebihan Durian Musang King, Sang Juara Asia Tenggara

Pertanianku Durian musang king menjadi populer ketika berhasil memenangkan kontes durian se-Asia Tenggara pada 2010. Setelah berhasil memenangkan kontes tersebut, harga durian ini langsung melejit karena banyak yang mencari dan menginginkannya. Seperti pada 2014, harga durian ini meningkat sebanyak 200 persen. Sementara itu, di Cina harga durian ini lebih tinggi 800 persen dari harga yang berlaku di Malaysia.

durian musang king
foto: Pertanianku

Kemenangan durian musang king bukan tanpa sebab, tekstur dan rasa durian ini sangat lezat dan belum ada yang bisa menandingi. Teksturnya yang creamy berpadu dengan rasanya yang manis dan pahit.

Kelebihan durian asal Malaysia ini juga terdapat pada penampilan fisiknya. Juring durian ini terlihat cukup rapi. Hal tersebut menyebabkan isi daging durian menjadi lebih banyak dan tebal. Daging durian musang king berwarna kuning terang menyala, penampilan tersebut membuat buah ini semakin menarik dicoba.

Saat ini, harga musang king masih terbilang tinggi, bahkan lebih tinggi dibandingkan durian lokal lainnya. Untuk durian yang sudah dalam keadaan beku atau frozen, harganya mencapai Rp400 ribu per 400 gram.

Sementara itu, untuk buah durian yang masih utuh segar per satu kilogramnya seharga Rp400.000—Rp600.000. Satu kilogram buah durian ini dihitung beserta kulitnya. Biasanya, satu kilogram buah durian setara dengan satu buah durian. Bisa dibayangkan, jika Anda beli dua buah durian musang king, Anda harus mengeluarkan uang sekitar Rp1 juta.

Salah satu penyebab mahalnya harga musang king adalah persediaan yang terbatas. Berbeda dengan durian monthong, durian asal Malaysia ini tidak memiliki banyak supplier sehingga membuat buah ini eksklusif.

Indonesia memiliki kondisi iklim yang hampir sama dengan Malaysia. Itu sebabnya musang king bisa tumbuh subur di Indonesia. Namun, memang buah ini belum pernah masuk ke swalayan karena masih sedikit pekebun yang membudidayakannya dalam skala besar atau minimal 10 hektare. Biasanya, durian ini langsung habis setelah dipanen.

Baca Juga:  Tanaman Hias yang Tidak Butuh Sinar Matahari

Namun, tahukah Anda sebenarnya menanam musang king tidak begitu sulit. Cara menanam serta merawat tanaman buah durian ini hampir sama seperti buah durian lokal pada umumnya.

Anda bisa membeli bibit durian musang king berkualitas dengan kemampuan berbuah cukup tinggi langsung di Toko Trubus. Dengan bibit yang berkualitas, kemungkinan pohon berbuah akan menjadi lebih tinggi.

Toko Trubus menyediakan bibit durian musang king berkualitas dengan produktivitas buah cukup tinggi. Selain bibit tanaman, tersedia pula beragam keperluan bertanam dan berkebun, mulai dari media tanam, pupuk dan pestisida, hingga perlengkapan berkebun lainnya. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi WhatsApp admin Toko Trubus atau mengakses Toko Trubus secara online.