Kelebihan Keju Cheddar Susu Kambing

Pertanianku— Susu kambing memiliki kelebihan berupa kandungan asam lemak esensial yang mampu menciptakan dampak positif di dalam tubuh. Sebagian asam lemak yang ada di dalam susu kambing menghasilkan aroma prengus yang membuat susu kambing mudah dibedakan dengan susu sapi. Susu kambing bisa diolah menjadi produk olahan yang disukai oleh konsumen, salah satunya adalah keju susu kambing.

keju susu kambing
foto: pixabay

Keju merupakan gumpalan kasein yang dibuat secara sederhana. Anda bisa membuatnya sendiri untuk menaikkan nilai produk susu kambing. Kasein merupakan protein susu yang akan menggumpal dan membentuk gumpalan keju atau curd. Proses penggumpalan akan dimulai saat diberikan asam sehingga pH susu menurun.

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari keju susu kambing untuk kesehatan Anda.

Rendah lemak

Keju yang berasal dari susu kambing mengandung kadar lemak yang lebih rendah dibanding keju biasa. Anda tidak perlu khawatir dengan kadar kolesterol dan lemak jenuh sehabis mengonsumsi keju jenis ini. Cukup nikmati rasa keju yang gurih dan lezat.

Rendah kalori

Kalori yang terkandung di dalam keju jenis ini lebih rendah kalori dibanding keju biasa. Jika mengonsumsi keju dari susu kambing, Anda sudah mengurangi konsumsi kalori hingga 200—300 kalori dalam menu Anda.

Rendah laktosa

Kadar laktosa dalam keju ini juga lebih rendah sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, keju ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang intoleran terhadap laktosa.

Rendah sadium

Kadar sadium di dalam keju susu kambing cukup sedikit, hanya setengah dari keju biasa. Kadar sadium yang tinggi bisa menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan jantung dan stroke.

Kaya vitamin

Keju ini mengandung vitamin D, K, A, serta vitamin B yang tinggi. Seluruh vitamin tersebut dibutuhkan oleh tubuh untuk mendukung kesehatan jaringan tubuh Anda.

Baca Juga:  Beternak Itik dengan Cara Tradisional, Untung atau Rugi?

Kaya kalsium

Kandungan kalsium dalam keju ini lebih tinggi dibanding keju biasa. Kalsium berperan penting untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan melindungi tubuh dari penyakit.

Ada banyak manfaat yang bisa diambil dari keju yang berasal dari susu kambing sehingga pembuatan produk ini bisa menjadi salah satu inovasi produk yang menjanjikan. Tidak hanya keju, Anda juga bisa membuat kefir dan yoghurt dari susu kambing. Dalam buku Membuat Keju, Yoghurt, dan Kefir dari Susu Kambing membahas seluruh cara-cara pembuatannya. Segera hubungi admin Penebar Swadaya untuk mendapatkan buku tersebut.

 


loading...