Kelebihan Kolam Toren untuk Budidaya Ikan

Pertanianku — Ada banyak jenis kolam yang bisa digunakan untuk budidaya ikan, seperti kolam terpal, kolam tanah, kolam beton, kolam toren, dan lain-lain. Tiap jenis kolam memiliki keuntungan dan kelebihannya masing-masing dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

kolam toren
foto: pertanianku

Kolam toren merupakan salah satu kolam yang paling mudah untuk dibuat karena hanya membutuhkan toren baru atau toren bekas yang tidak dipakai. Salah satu kelebihan kolam toren yang paling jelas adalah hemat tempat.

Kolam ini mudah dipindah-pindah sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk mengatur posisi kolam. Selain itu, bentuknya yang tidak terlalu besar bisa diletakkan di pekarangan rumah tanpa perlu mengubah kondisi pekarangan.

Loading...

Harga kolam ini terbilang paling ekonomis karena Anda hanya membutuhkan toren, apalagi jika bisa mendapatkan toren bekas dengan kualitas yang masih bagus. Penggunaan kolam ini juga bisa memudahkan proses penanganan budidaya menjadi lebih praktis. Modal usaha yang dibutuhkan pun tergolong kecil.

Namun, penggunaan kolam toren juga memiliki kekurangan. Kolam ini tidak bisa mengatasi perubahan suhu sehingga suhu di dalam kolam cukup fluktuatif. Anda harus lebih waspada dengan kondisi seperti itu karena bisa membuat ikan stres dan berujung pada kematian. Penguapan pada kolam ini terbilang cukup besar sehingga Anda harus rajin mengisi air kolam agar tidak habis.

Umumnya ada tiga bahan toren yang bisa digunakan, yaitu fiberglass, stainless steel, dan bahan plastik polietien. Toren yang paling cocok untuk dijadikan wadah budidaya adalah yang berbahan plastik. Pasalnya, kolam tersebut harganya murah, kuat, tidak mudah pecah, dan mudah dirawat.

Toren plastik berdaya tampung air hingga 1.000 liter air, Sebelum digunakan, ubah kondisi toren agar bisa digunakan untuk budidaya ikan dengan memberikan lubang persegi di bagian tengah badan toren. Buat juga peneduh untuk melindungi toren dari hujan dan panas matahari.

Baca Juga:  Mendulang Keuntungan dari Budidaya Patin Perkasa

Toren dari plastik harus dibersihkan terlebih dahulu untuk membuang bahan kimia yang masih melekat. Cara pencuciannya sama saja dan lakukan berkali-kali hingga tidak tercium bau kimia. Setelah dicuci, jemur toren di bawah sinar matahari hingga benar-benar kering.

Loading...
Loading...