Kelebihan Memakai Pupuk Daun

Pertanianku – Ada satu kelebihan yang paling mencolok dari pupuk daun, yaitu penyerapan haranya berjalan lebih cepat dibanding pupuk yang diberikan lewat akar. Akibatnya, tanaman akan lebih cepat menumbuhkan tunas dan tanah tidak rusak. Oleh karena itu, pemupukan lewat daun dipandang lebih berhasil dibanding lewat akar.

Mengenal pupuk lebih jauh

Mengapa bisa demikian? Seperti diketahui bahwa daun memiliki “mulut” yang lazim disebut mulut daun (stomata). Stomata ini membuka dan menutup secara mekanis yang diatur oleh tekanan turgor dari sel-sel penutup. Jika tekanan turgor meningkat, stomata akan membuka. Sebaliknya, jika tekanan turgor menurun, stomata akan menutup. Salah satu faktor yang banyak mempengaruhi tekanan turgor ini adalah banyak air yang terbuang lewat penguapan daun. Hal ini erat hubungannya dengan terik matahari dan angin. Jika terlalu terik atau angin bertiup terlalu kencang maka penguapan akan banyak terjadi.

Air dalam daun cepat berkurang sehingga tekanan turgor berkurang. Secara otomatis keadaan tersebut akan membuat stomata menutup. Jika daun tersebut disemprot air maka tekanan turgornya akan naik sehingga stomata membuka dan menyerap cairan yang disemprotkan untuk menggantikan cairan yang hilang lewat penguapan.

Jika yang disemprotkan bukan air, tetapi larutan pupuk maka tanaman akan menyerap air dan zat-zat makanan yang dibutuhkannya untuk pertumbuhan. Itulah sebabnya dikatakan penyerapan hara lewat daun lebih cepat. Oleh karena itu, pupuk yang sifatnya cepat menguap seperti pupuk nitrogen akan sangat baik jika diberikan lewat daun.

Sebagai contoh, tanaman buah yang baru selesai dipanen segera disemprot dengan pupuk yang kandungan N-nya tinggi maka pemulihan tanaman tersebut akan segera tampak. Daun akan cepat berubah menjadi hijau dan tunas-tunas baru akan bermunculan. Demikian halnya dengan tanaman yang belum pernah berbuah meskipun usianya sudah cukup untuk berbuah, jika diberi pupuk daun yang kandungan P-nya tinggi maka segera tampak tunas yang kelak akan menjadi bunga. Keuntungan lain dari pupuk daun adalah di dalamnya terkandung unsur hara mikro. Umumnya tanaman sering kekurangan unsur hara mikro jika hanya mengandalkan pupuk akar yang mayoritas berisi hara makro.

Baca Juga:  Cara Mengetahui Takaran Pupuk yang Tepat

Dengan pemberian pupuk daun yang berisi hara mikro maka kekurangan tersebut dapat teratasi. Tidak kalah penting, yaitu dengan pemakaian pupuk daun maka tanah akan terhindar dari kerusakan akibat pupuk yang berlebihan.

Kelebihan dari pemakaian pupuk daun dibanding pupuk akar.

– Pupuk daun dapat memberikan hara sesuai kebutuhan tanaman. Hara yang dibutuhkan tanaman memang relatif sedikit, tetapi bersifat kontinu. Oleh sebab itu, pupuk daun diberikan lebih sering, tetapi dosisnya rendah.

– Pupuk yang diberikan ke tanah tidak seluruhnya mencapai akar tanaman karena adanya beberapa kendala, baik dari sifat kimia pupuk maupun sifat tanah.

– Kelarutan pupuk daun lebih baik dibandingkan pupuk akar.

– Pengaruh kekurangan hara berlangsung lebih cepat dibandingkan pupuk akar.

– Pemberiannya dapat lebih merata.

– Kepekatannya dapat diatur sesuai pertumbuhan tanaman.

Meskipun pupuk daun mempunyai banyak kelebihan, tetap saja dalam penggunaannya masih terdapat kekurangan. Dengan mengetahui kekurangannya maka kita dapat lebih berhati-hati dalam mengaplikasikannya. Adapun beberapa kekurangan dari pupuk daun sebagai berikut.

– Bila dosis pemupukannya salah (misalnya terlalu tinggi) maka daun akan rusak, terutama sering terjadi pada musim kering.

– Tidak semua pupuk daun dapat digunakan untuk tanaman yang langsung dikonsumsi seperti sayuran atau buah berkulit tipis. Akibatnya, kita harus lebih selektif memilih jenis pupuk daun yang diizinkan untuk tanaman tersebut.

– Biaya yang digunakan lebih mahal. Selain itu, dalam aplikasinya memerlukan peralatan khusus dan penggunaanya harus sering.

 

Sumber: Buku Petunjuk Penggunaan Pupuk


loading...