Kelebihan Menanam Buah Dalam Pot


Pertanianku    Tabulampot sebenarnya bukan hal yang baru lagi, sudah lama budi daya ini dilakukan banyak orang. Pada awalnya, Tabulampot hadir secara tidak sengaja. Konon, bibit tanamandalam pot atau polibag yang akan dijual, tetapi tidak laku, ternyata dalam beberapa waktu malah berbuah. Dari sinilah muncul ide untuk menanam buah dalam pot yang lebih besar dan saat ini dikenal dengan Tabulampot, yang merupakan singkatan dari tanaman buah dalam pot.

Kelebihan Tanam Buah Dalam Pot

 

Bagi masyarakat perkotaan yang memiliki lahan yang terbatas dan ingin menanam tanaman buah di sekitar rumahnya, Tabulampot bisa menjadi solusi. Dengan memanfaatkan lahan yang tidak luas, beberapa jenis tanaman bisa ditempatkan dalam lokasi yang berdekatan. Hingga saat ini, ada banyak jenis tanaman buah yang sudah dapat ditanam dan berbuah dalam pot. Tanaman buah tersebut antara lain mangga, jambu air, jambu biji, nangka mini, jeruk, anggur, melon, dan lengkeng. Dari semua jenis Tabulampot tersebut, yang paling banyak ditemukan antara lain mangga dan jambu air.

Hampir di setiap halaman rumah di kompleks-kompleks perumahan dengan mudah ditemui tanaman buah dalam pot. Alasan mereka memilih Tabulampot karena selain tidak membutuhkan lahan yang luas, artinya bisa ditanam di lahan yang terbatas dan sempit, juga karena Tabulampot bisa dipindahtempatkan. Tidak hanya itu, dalam perawatannya pun cukup mudah.

Memelihara Tabulampot tidak sulit. Dengan media tanam yang diramu sesuai dengan kebutuhan tanaman, tanaman akan cepat berbuah, apalagi ditambah dengan pemupukan atau pemberian zat hara lainnya. Tabulampot juga fleksibel untuk dipindah pindah tempat sesuai dengan selera. Termasukbagi keluarga yang ngontrak atau mereka yang kos, dengan mudah membawa Tabulampot pindah ke rumah yang baru dalam kondisi tetap aman.

Baca Juga:  Inovasi Teknologi Lampu LED Menghemat Biaya Budidaya Krisan

Dari Tabulampot buahbuahan, tanaman mangga yang paling diburu pecinta Tabulampot. Hal ini karena harga Tabulampot mangga relatif lebih murah yaitu sekitar Rp 150.000 per Tabulampot yang belum berbuah. Namun, yang sudah berbuah bisa mencapai Rp 700.000—Rp 1.000.000.000 per pohon.

Selain dapat dinikmati buahnya, ternyata Tabulampot yang rimbun dapat memperindah halaman rumah. Apalagi jika ditata dan dirawat dengan baik. Bagi penghuni dan tamu yang datang, tentu tidak akan pernah merasa bosan untuk menikmatinya.

Tanaman buah dalam pot lebih asyik dan nikmat dipandang dibandingkan dengan tanaman hias berupa bunga dan nonbunga. Kenikmatan ganda bisa diperoleh dari tanaman buah dalam pot. Selain bisa memandangi indahnya bunga dan menghirup wangi bunga, kita juga bisa menikmati indahnya buah yang menguning bergantungan pada dahan. Tanaman buah dalam pot dari sisi estetika sangat tidak kalah dengan tanaman hias lainnya. Sebagai gambaran tanaman buah dalam pot, berupa jeruk siam dalam pot dari drum, sebagai tanaman hias dapat ditempatkan di sudut ruang kantor sehingga ruangan terasa asri dan sejuk. Apalagi jika Tabulampot berbuah. Kebahagiaan yang kita peroleh adalah bisa melihat buah itu berbuah lebat. Bahkan, ada yang membiarkan buah tetap menempel di cabang, seakan tidak ingin memetiknya. Sungguh indah dan cukup memesona jika digunakan sebagai tanaman hias di ruang kerja, ruang tamu, dan lobi hotel.

 

Sumber: Buku Tips Membuahkan Tanaman dalam Pot

 

loading...
loading...