Kelemahan Sarang Walet Gua

Pertanianku — Burung walet gua memiliki sarang berwarna hitam. Perbedaan walet gua dengan jenis walet lain terletak pada bulu kaki, tetapi tetap saja walet jenis ini sulit dibedakan dengan walet putih di tempat terbuka.

walet gua
foto: pertanianku

Umumnya, walet gua memiliki ciri-ciri berupa ukuran panjang tubuh sekitar 12 cm, rentang sayap 24 cm, bulunya berwarna cokelat gelap dengan bulu ekor berwarna cokelat kelabu, sepasang kakinya lemah, sayapnya sangat kuat, suaranya mencicit dan tidak nyaring, sarangnya terbuat dari bulu burung yang direkatkan dengan air, serta memiliki ekonavigasi.

Pada dasarnya sarang walet budidaya dan walet gua memiliki kekurangannya masing-masing. Berikut ini uraian lebih jelas mengenai kelemahan sarang walet gua.

Kontinuitas panen

Sarang walet dari gua tidak bisa diandalkan karena panen dilakukan secara menyeluruh sehingga sarang yang masih muda ikut dipanen. Hal ini dapat mengakibatkan kontinuitas produksi menjadi rendah.

Proses panen lebih sulit

Panen sarang walet di alam lebih sulit karena walet sering meletakkan sarang-sarangnya di tebing-tebing yang curam di pinggir laut. Risiko kecelakaan saat panen jauh lebih besar karena gangguan angin, hujan, kerusakan tangga, dan lain-lain. Dengan begitu, dibutuhkan keahlian dan rasa percaya diri yang besar ketika memanen sarang walet.

Mutu sarang walet

Mutu sarang lebih susah diidentifikasi karena pemburu sarang harus bersusah payah menyusuri gua-gua alam sehingga semua sarang yang terlihat akan dipetik. Itu sebabnya hasil pemetikan dari gua alam cenderung memiliki kualitas yang beragam. Selain itu, kualitas sarang juga dipengaruhi oleh cara pemetikan. Pemetikan yang kurang bagus sering dilakukan pemburu sarang di gua sehingga kualitas sarang yang dihasilkan turun.

Bentuk sarang

Mayoritas sarang yang diambil dari gua alam rusak karena serangan hama dan kesalahan saat panen. Selain itu, sarang tersebut memiliki bentuk yang kurang menarik.

Baca Juga:  Komposisi Pakan Sapi Potong pada Fase Breeding

Ukuran sarang walet

Sarang yang dipetik dari gua cenderung memiliki ukuran bervariasi. Sarang yang berasal dari gua mayoritas berukuran kecil, hanya ada beberapa yang berukuran besar.