Kelengkapan Kandang untuk Beternak Sapi

Pertanianku — Beternak sapi tentu saja akan membutuhkan kandang. Kandang ini sedapat mungkin terletak di daerah yang jauh dari perumahan atau pemukiman. Sebelum dan ketika beternak sapi, alangkah lebih baik apabila Anda melakukan pengecekan ulang kelengkapan kandang untuk beternak sapi. Periksa juga kualitas dari fasilitas kandang apakah masih layak atau sudah seharusnya diganti.

kelengkapan kandang untuk beternak sapi
Foto: pixabay

Tempat makan dan minum

Diperlukan lokasi khusus sebagai tempat makan dan minum bagi sapi. Tempat ini diperlukan agar sapi tidak masuk dan menginjak-injak pakan serta mudah untuk dibersihkan. Ukuran tempat pakan ini sebaiknya memiliki lebar 60 cm dengan kedalaman 40—60 cm menyesuaikan tinggi tubuh sapi.

Loading...

Tempat tambatan sapi

Tempat tambatan sapi juga sangat diperlukan dalam kandang sapi. Tempat ini berguna bagi sapi penggemukan agar tidak ke mana-mana, saling berbenturan, atau berusaha lari. Tambatan sapi dapat berupa patok atau tonggak dari besi, kayu, atau bambu.

Peralatan kandang dan gudang

Peralatan kandang yang wajib ada di dalam kandang adalah alat suntik, sekop untuk membersihkan kotoran, ember plastik atau logam, sapu lidi, garu kecil, selang, sikat untuk membersihkan badan sapi, gerobak untuk mengangkut sisa kotoran sapi, sprayer untuk membersihkan ektoparasit, dan tali untuk berbagai keperluan. Seluruh peralatan ini sebaiknya disimpan di dalam gudang.

Tempat meramu dan penyimpanan pakan

Pakan sapi terkadang perlu dicampur dan diracik sedemikian rupa tergantung kebutuhannya. Tempat meramu pakan sebaiknya terpisah agar tidak mudah tercemar oleh mikroorganisme. Selain tempat meramu, tempat penyimpanan pakan juga penting. Tempat ini tidak boleh basah dan kelembapannya harus dijaga.

Tempat dipping dan spraying

Dipping dan spraying diperlukan saat pertama kali sapi datang agar terhindar dari penyakit yang kemungkinan menjangkiti sapi baru. Aktivitas pencelupan (dipping) ataupun penyiraman (spraying) memerlukan tempat terpisah.

Baca Juga:  Membuat Probiotik Herbal untuk Ternak Ayam Kampung

Tempat penimbangan

Tempat penimbangan diperlukan untuk menimbang berat sapi, mulai dari bobot awal saat pertama kali datang, mencatat pertambahan bobot sapi hingga bobot sapi akhir ketika akan dijual. Setelah ditimbang, sapi diletakkan di tempat pemuatan untuk menaikturunkan sapi ke truk pengangkut.

Tempat penampungan kotoran

Tempat penampungan kotoran sangat penting untuk ada di kandang ternak. Semakin banyak populasi sapi, tempat ini harus semakin luas. Sisa kotoran sapi bisa berupa sisa pakan, tinja, dan urine sapi.

Tandon air, listrik, pagar, dan kantor

Empat hal ini merupakan faktor pendukung yang tak kalah penting. Sebagai sumber air, keberadaan bak tandon air diperlukan agar ketersediaan air tetap terpenuhi. Suplai listrik diperlukan untuk alat penggerak pompa air, penerangan, dan lainnya. Pagar diperlukan untuk menjaga keamanan dari pencurian dan hewan liar. Sementara, kantor sebagai tempat pengelolaan dan pengendali kegiatan beternak sapi.

Loading...
Loading...