Kelinci Dewasa Terlihat Gelisah, Mungkinkah Sedang Birahi Ingin Kawin?

Pertanianku— Kelinci yang dipelihara harus diperhatikan gerak-geriknya setiap saat agar setiap ada perubahan yang tidak normal pada tubuh kelinci bisa cepat dianalisis untuk diketahui penyebabnya. Kelinci betina yang sedang gelisah bisa saja karena sedang birahi dan ingin melakukan perkawinan dengan jantan. Kelinci betina gelisah akibat tidak ada jantan di dalam kandang yang sama dengannya.

kelinci gelisah
foto: Pertanianku

Jika lokasi kandang betina dan jantan bersebelahan, kelinci betina akan terlihat agresif mendekati kandang jantan yang berada di sebelahnya karena berusaha ingin gabung.

Tanda-tanda lain yang dapat menguatkan argumen bahwa kelinci betina sedang birahi ialah suka menggosok-gosokkan dagunya ke suatu benda atau ke sesama betina. Jika dilihat bagian vulvanya akan terlihat basah dan berubah warna menjadi merah jambu atau merah. Kondisi tersebut menandakan betina sedang dalam masa subur.

Sementara itu, jika vulvanya masih berwarna putih atau pucat, betina sebaiknya jangan dikawinkan terlebih dahulu karena kemungkinan besar akan mengalami kegagalan ketika kawin. Bahkan, betina dan jantan kemungkinan besar bisa berkelahi sehingga menimbulkan luka pada salah satu kelinci yang kalah.

Perkawinan sebaiknya ditunda terlebih dahulu selama 2—3 hari lagi hingga vulva kelinci berubah warna menjadi merah jambu.

Di habitat aslinya, kelinci melangsungkan perkawinan pada malam hari sehingga waktu yang tepat untuk mengawinkan kelinci adalah malam hari. Namun, Anda tetap bisa mengawinkan kelinci pada pagi atau sore hari, ketika suhu udara masih sejuk. Dengan begitu, aktivitas kelinci tidak terganggu akibat suhu udara yang panas.

Kelinci yang akan dikawinkan harus dalam kondisi sehat dan fit. Jika kelinci baru pertama kali dikawinkan, Anda harus memastikan bobot badan kelinci mencapai ukuran minimal atau ukuran yang sesuai dan juga alat kelaminnya sudah dewasa.

Baca Juga:  Kenali Siklus Domba Birahi dengan Benar agar Perkawinan Berjalan Lancar

Kelinci betina yang sudah pernah beranak bisa dikawinkan dengan kelinci jantan yang baru pertama kali dikawinkan.

Anda bisa membuat betina yang belum siap dikawinkan sehingga mau kawin dengan cara menggelitik vulva hingga pantat betina terangkat dengan sendirinya. Jika proses tersebut berhasil, kelinci sudah siap dikawinkan.