Kelinci Mudah Stres? Begini Cara Merawat Kelinci yang Benar

Pertanianku — Kelinci adalah salah satu hewan peliharaan yang menggemaskan. Namun, banyak yang mengatakan merawat hewan imut ini sangat sulit dan berumur pendek. Sebenarnya panjang atau pendek umur kelinci tergantung dari bagaimana Anda merawatnya. Lalu, bagaimana cara merawat kelinci yang benar?

cara merawat kelinci yang benar
Foto: Pixabay

Perhatikan kandang untuk kelinci

Setiap pemilik kelinci harus tahu bahwa kandang kelinci harus diletakkan di dalam ruangan. Kenapa? Karena kelinci peliharaan berbeda dengan kelinci liar, mereka tidak mampu beradaptasi dengan suhu tropis di Indonesia. Kelinci juga sangat mudah merasa tertekan dengan keberadaan hewan buas di sekitarnya. Hal itu bisa membuat kelinci ketakutan dan stres.


Loading...

Makanan yang tepat

Banyak masalah kesehatan yang muncul akibat kelinci tidak mendapatkan makanan yang seimbang. Karena itu, Anda harus mengetahui berbagai pakan yang bermanfaat untuk kesehatan kelinci. Salah satunya adalah jerami. Ini karena jerami membantu sistem pencernaan mereka dan menyediakan serat yang diperlukan untuk membantu mencegah masalah kesehatan seperti bola rambut (hair ball), diare, dan obesitas.

Menyediakan kotak kotoran

Kotak kotoran menjadi salah satu perlengkapan yang tidak bisa Anda lewatkan. Dengan kotak kotoran yang baik, kelinci peliharaan Anda dapat membuang kotorannya dengan baik. Dengan demikian, kotoran kelinci akan terlokalisir dengan baik. Anda bisa meletakkan kotak kotoran untuk kelincimu di pojok-pojok atau pinggiran kandang, atau di tempat lainnya, selama masih bisa terjangkau oleh kelinci.

Ajak kelinci untuk jalan-jalan

Kelinci ternyata juga membutuhkan waktu tenang. Hewan ini biasanya tidur di siang dan malam hari, lalu bermain di waktu fajar dan senja. Nah, saat di waktu bermain ini, alangkah baiknya jika Anda mengajak kelinci untuk jalan-jalan keluar dari kandang.

Baca Juga:  Sayuran yang Baik Bagi Tumbuh Kembang Hamster

Hati-hati dalam menggendong kelinci

Kelinci adalah hewan peliharaan yang tergolong sensitif, terlebih saat Anda sedang menggendong atau memegangnya. Tubuh kelinci rentan dan harus diperlakukan dengan baik, sehingga Anda harus menjaga agar tidak sampai melukai tubuhnya ketika Anda menggendong atau memegangnya.

Loading...
Loading...