Kelompok Melon yang Populer

Pertanianku — Melon (Cucumis melo L.) bernilai ekonomi tinggi di Indonesia dengan kisaran pasar yang luas dan beragam, mulai dari pasar tradisional hingga pasar modern, restoran, dan hotel. Melon memiliki segudang keunggulan yang menjadi alasan buah ini bisa populer. Harga jual melon cenderung berkembang sesuai dengan jenis melon yang dikembangkan. Itu sebabnya melon memiliki daya tarik tersendiri bagi pelaku usaha.

jenis melon
foto: Pixabay

Di antara semua kelompok melon, ada beberapa kelompok melon yang populer dikenal masyarakat. Berikut ini ulasan lebih jelas kelompok melon populer.

Reticulatus

Kelompok melon Reticulatus juga disebut rock melon, netted melon, American cantaloupe, atau false cantaloupe.

Kelompok melon ini memiliki karakteristik buah seperti kulit buah berjala. Ada yang berjuring dan ada yang tidak. Daging buah beraroma. Buah jatuh dari tangkainya ketika sudah masak. Warna daging buah umumnya berwarna hijau atau oranye. Buah tergolong klimaterik, yakni buah dipanen sebelum masak dan akan matang seiring berjalannya waktu.

Contoh varietas melon yang masuk kelompok reticulatus adalah Sky Rocket, Action 434, Mai 119, Mai 116, Alien, dan Sumo.

Inodurus

Kelompok Inodurus sering disebut winter melon. Saat ini kelompok melon Inodurus berharga jual per kilogramnya lebih mahal daripada melon-melon grup Reticulatus.

Kelompok ini memiliki karakteristik buah seperti kulit buah yang mulus (tidak berjala), daging buah tidak beraroma (seandaikan beraroma, aromanya tidak kuat), buah tidak jatuh dari tangkainya ketika sudah masak, daging buah berwarna putih dan hijau (terkadang oranye). Buah melon Inodurus tergolong nonklimakterik, yakni buah tidak akan matang bila dipanen sebelum masak.

Varietas yang termasuk kelompok Inodurus adalah Apollo, Golden Langkaw, Kinanti, Honey Dew, Sunrise Meta, dan Orange Meta.

Baca Juga:  Tanaman Belimbing Sudah Tua Tapi Tidak Kunjung Berbuah? Lakukan Ini!

Cantalupensis

Kelompok melon ini memiliki ciri khas kulit buah yang berjuring, permukaan kulit buah kadang tidak mulus, aroma daging buah sangat kuat, dan daging buah berwarna kuning atau oranye. Jenis melon yang termasuk kelompok Cantalupensis adalah blewah.

Kelompok Cantalupensis tergolong buah klimaterik, yakni buah yang dapat dipanen sebelum masak dan akan matang seiring berjalannya waktu.