Kemampuan Berkicau Cucakrawa

Pertanianku – Kemampuan setiap burung untuk berkicau tidaklah sama. Orang yang telah berpengalaman dengan cucakrawa bisa mengukur tingkat kerajinannya berdasarkan paruh yang dimiliki burung tersebut. Ciri ini susah dipahami penggemar pemula. Ciri yang lain dapat dilihat dari suara kokrokan dan paruhnya. Namun, hal itu bukan menjadi jaminan kalau tidak diimbangi dengan perawatan yang baik. Demikian sebaliknya, bakalan yang menunjukkan ciri kurang baik, tetapi setelah dipelihara dengan benar dan sungguh-sungguh, ternyata suara kicauannya dapat dibanggakan.

Kemampuan berkicau Cucakrawa

A. Suara kokrokan

Pada cucakrawa, suara kokrokan sudah menjadi ciri khasnya setiap melakukan gerakan melompat atau menghindar dari sesuatu yang mencurigakan. Suara kerrrook… kerrrook… kerrrook…….. selalu dibunyikan cucakrawa, baik yang bakalan maupun yang sudah lama dipelihara. Kokrokan yang besar dan keras selalu menjadi incaran para penggemar pada saat memilih cucakrawa.

B. Paruh

Bentuk paruh pada jenis burung berkicau bisa menjadi ukuran suara kicauannya, demikian juga pada cucakrawa. Akan tetapi, yang dapat diketahui hanya ketajaman dan tingkat kerajinannya dalam berkicau. Beberapa hal yang dapat diamati, sebagai berikut.

1) Burung berparuh panjang dan tidak terlalu tebal memiliki ketajaman suara yang baik dan rajin berkicau.

2) Cucakrawa dengan paruh panjang dan terlihat agak tebal memiliki suara kicauan yang keras dan berat (kurang lepas atau seperti ditahantahan).

3) Cucakrawa dengan paruh pendek dan agak tebal biasanya kurang rajin berkicau.

4) Cucakrawa dengan paruh pendek dan terlihat tipis biasanya kurang rajin berkicau dan suara kicauannya tidak keras atau mengambang.

Memahami bentuk atau tipe paruh burung cucakrawa memang bukan hal mudah karena sepertinya semua sama. Jadi, dapat disarankan di sini, cobalah mengira dan membandingkan antara satu cucakrawa dengan cucakrawa yang lain.

Baca Juga:  Begini Cara Mengatasi Burung Cucakrawa Stres

 

Sumber: Buku Agar Cucakrawa rajin berkicau


loading...