Kembalikan Kekuatan Ibu yang Baru Melahirkan dengan Pelir Musang

Pertanianku — Setelah melahirkan ibu akan kehilangan sebagian besar energinya karena proses persalinan. Ibu harus mengonsumsi makanan bergizi untuk menjaga kondisi tubuhnya agar tetap stabil dan prima, apalagi setelah melahirkan ibu akan langsung mengurus buah hatinya. Pelir musang merupakan tanaman obat yang bisa digunakan untuk mengembalikan kekuatan ibu yang baru saja melahirkan.

pelir musang
foto: amazon.com

Pelir musang atau Anaxagorea javanica memiliki nama yang berbeda-beda di setiap daerah, seperti pokok guring, sesundo bukit, akar angin, atis, bunga pompun, dan champun.

Tanaman ini merupakan perdu tinggi yang bisa tumbuh hingga 2—4 meter. Daunnya berbentuk bundar hingga meruncing dengan panjang tangkai mencapai 0,5—1 cm, pada helai bagian atas terlihat mengilap, sedangkan bagian bawah terlihat lebih pucat.

Loading...

Mahkota bunga tanaman pelir musang berwarna kuning-putih dengan bagian pangkal yang berwarna hijau, tebal berdaging, dan mengeluarkan aroma yang harum. Tanaman ini memiliki buah yang kecil-kecil dan berbiji hitam mengilap.

Bagian tanaman yang bisa dimanfaatkan adalah akarnya. Akar tanaman pelir musang mengandunng asam lemak, fenolat, alkaloid, flavonoid, dan seskuiterpen.

Kandungan dalam akar pelir musang bisa digunakan untuk menguatkan tubuh ibu yang baru saja menjalani proses melahirkan.

Untuk mendapatkan khasiatnya, gunakan segenggam akar tanaman dan bersihkan dengan air. Selanjutnya, seduh akar tanaman dengan air matang atau bisa juga direbus. Air seduhan atau rebusan tersebut bisa digunakan sebagai minuman penambah tenaga.

Berdasarkan penelitian, bagian kulit dan akar tanaman pelir musang mengandung 17 senyawa steroid.

Hingga saat ini belum ditemukan literatur yang membahas efek samping penggunaan tanaman ini sebagai obat herbal. Namun, Anda tidak diperkenankan menggunakan tanaman ini dalam dosis tinggi melebihi dosis yang sudah direkomedasikan untuk meminimalisir efek samping yang tidak terduga.

Baca Juga:  Apa itu Makro Alga?
Loading...
Loading...