Kementan Bentuk Tim Pengawas Jelang Idul Adha


Pertanianku – Mendekati Hari Raya Idul Adha, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) I Ketut Diarmita telah membentuk tim untuk melakukan pengawasan hewan kurban yang tersebar ke beberapa daerah di Indonesia. Tugas tim tersebut meliputi pemeriksaan hewan kurban di tempat-tempat penjualan hingga pelaksanaan penyembelihan hewan kurban tersebut.

Foto: pexels

“Pada tingkat pusat, saya juga telah membentuk tim pemantauan hewan kurban dengan jumlah anggota tim sebanyak 129 orang, terdiri dari dokter hewan, paramedic, dan petugas teknis lingkup Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan,” jelas Ketut saat seperti dilansir dari Kompas (29/8).

Menurutnya, tim pengawasan tersebut akan diturunkan ke beberapa wilayah, di antaranya DKI Jakarta, Kota Bogor, Kabupaten Bogor, Kota Depok, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Tangerang, Kota Bekasi, dan Kabupaten Bekasi pada H-3 sampai dengan Hari Raya Idul Adha.

Ketut mengimbau kepada masyarakat agar lebih cerdas dan mengenali tanda-tanda hewan kurban yang sehat.

“Secara umum hewan yang sehat dapat dilihat dari postur tubuhnya yang proporsional dan bagus, tidak pincang, lincah, nafsu makan dan minum juga bagus, serta umurnya harus cukup,” ungkapnya.

Ketut menegaskan, pemerintah telah melakukan berbagai upaya guna melancarkan perayaan Hari Raya Idul Adha termasuk memastikan ketersediaan pasokan dan kesehatan hewan kurban.

“Saya mengimbau kepada seluruh petugas yang tergabung dalam Tim Pengawasan Pemotongan Hewan Kurban baik di pusat, provinsi dan kabupaten dan kota agar dapat bekerja secara sungguh-sungguh dalam pengawasan pemotongan hewan kurban,” tuturnya.

Berdasarkan data Ditjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan, pada Idul Adha 2017, pasokan hewan kurban mencapai 1.432.940 ekor, terdiri atas 440.323 ekor sapi, 9.851 ekor kerbau, 755.288 ekor kambing, dan 227.479 ekor domba.

Baca Juga:  Harga Beras di Pasar Induk Cipinang Stabil dan Terkendali

Kemudian, total kebutuhan hewan kurban pada Idul Adha 2017, diprediksi mencapai 1.121.754 ekor atau mengalami kenaikan sebanyak 10 persen dari total penyembelihan ternak kurban 2016, yaitu sebanyak 1.019,777 ekor.

loading...
loading...