Kementan Berencana Bangun Sentra Produksi Cabai dan Bawang Merah

Pertanianku — Saat ini, Kementerian Pertanian (Kementan) telah menyiapkan sentra produksi cabai dan bawang merah di 30 kabupaten di Indonesia. Hal ini dilakukan demi menyambut panen raya pada Mei 2019.

sentra produksi cabai dan bawang merah
Foto: Pixabay

Oleh karena itu, Kementan telah menyiapkan tim khusus untuk memetakan daerah mana saja yang cocok dijadikan sentra produksi saat panen raya.

“(Ada) 30 kabupaten kita siapkan sebagai sentra cabai merah dan bawang merah. Contohnya, untuk Brebes, kemudian Malang, Nganjuk. Kita siapkan sentra produksi untuk segera memperlancar kiriman cabai dan bawang merah ke pasar,” ungkap Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di Pasar Kramat Jati, Jakarta, seperti dikutip Liputan 6, Minggu (5/5).

Amran juga memastikan bahwa ketersediaan kedua bahan pangan itu bakal mencukupi selama satu bulan Ramadan di pasar nanti. Selain itu, ia juga menyatakan kalau produksi bawang putih di dalam negeri saat ini sudah cenderung aman.

“Aman. Justru kemarin 3 bulan terakhir harga jatuh. Kita angkat dikit, naik, supaya petaninya bisa berproduksi,” ungkap dia.

Demi memastikan kelancaran pasokan bawang putih selama bulan puasa, ia pun mendesak importir agar menekan harga jual bawang putih di seluruh Indonesia hingga batas tertinggi, yaitu Rp30 ribu per kilogram.

“Kami berikan target harga maksimal 30 ribu per kg. Antara 25—30 ribu per kg. Tidak boleh melewati itu. Rp25 ribu itu harga di konsumen. Yang jelas kita terima jadi. Yang bertanggung jawab itu importir,” tegas dia.

Baca Juga:  Ekspor Komoditas Pertanian Entikong Meningkat Drastis
Loading...