Kementan Berencana Ekspor Jagung Ke Jepang dan Taiwan


Pertanianku — Kementerian Pertanian (Kementan) berencana menjajaki ekspor jagung ke Jepang dan Taiwan. Dua negara tersebut diketahui merupakan pasar besar di Asia yang setiap tahunnya mengimpor jagung dari luar negeri, khususnya Amerika Serikat.

ekspor jagung ke Jepang dan Taiwan
Foto: Pixabay

“Secara geografis, Jepang dan Taiwan lebih dekat ke Indonesia dibanding Amerika sehingga mereka tertarik karena harganya bisa lebih murah,” kata peneliti Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen di Kementerian Pertanian, Khorudin seperti dilansir Republika, Rabu (29/8).

Jepang dan Taiwan mengetahui Indonesia telah mengekspor jagung ke Filipina. Kementan, kata Khoirudin, tengah menerbitkan kebijakan yang mendukung kemudahan ekspor ke negara-negara luar, mengingat produksi jagung di Indonesia sudah surplus.

Jepang dapat dikatakan negara yang sangat ketat dalam menerapkan standar produk impor. Jagung biasa digunakan untuk pakan ternak di negara tersebut, lebih dari 70 persennya. Tahun ini, pemerintah menargetkan ekspor jagung hingga 500 ribu ton.

Kawasan ASEAN menjadi pasar potensial karena harga yang ditawarkan jauh lebih murah. Data Kementan hingga Mei 2018 menunjukkan bahwa realisasi ekspor jagung Indonesia sudah mencapai 200 ribu ton.

Sentra produksi jagung di Indonesia adalah Gorontalo, Sulawesi Selatan, dan Nusa Tenggara Barat. Daerah lain yang potensial adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Selatan, Lampung, Sumatera Utara, dan Kalimantan.

Kepala Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen di Kementerian Pertanian, Risfaheri menambahkan International Conference on Agricultural Postharvest Handling and Processing (ICAPHP) yang digelar di Bali Dynasti Resort, Kuta, Bali, bisa menjadi ajang tukar menukar informasi antara peneliti, pemerintah, dan pihak swasta berbagai negara yang berkecimpung di bidang pertanian.

Banyak perusahaan swasta dilibatkan di sana. Dengan begitu, harapannya ada kerja sama baru terbentuk dari kegiatan ini.

Baca Juga:  Cara Pemupukan Padi Berimbang

“Pelaku bisnis bisa mendapat informasi. Potensi ekspor hortikultura Indonesia sangat besar asalkan penanganan dari kebun hingga pasarnya tepat. Selain jagung, tahun ini kita juga menjajaki ekspor nanas ke Amerika,” ujar Risfaheri.

Sekadar informasi, nanas merupakan salah satu buah unggulan Indonesia, khususnya jenis nanas madu. Produksinya mencapai 1,84 juta ton dengan produktivitas 117,5 ton per hektare (ha) lahan. Wilayah Indonesia hampir seluruhnya bisa menghasilkan nanas, khususnya Jawa Barat, Jambi, Lampung, Sumatera Utara, dan Jawa Timur.