Kementan Fokus Tingkatkan Produktivitas Hortikultura Tahun Depan


Pertanianku – Beberapa waktu lalu Menteri Pertanian Republik Indonesa (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan bahwa Kementerian Pertanian akan terus berupaya guna meningkatkan produktivitas tanaman hortikultura di tanah air pada 2018 yang akan datang. Produk-produk hortikultura tersebut meliputi kedelai, cabai, dan bawang.

“Kita selesaikan satu per satu. Intinya, Bapak Presiden, dan itu benar, bagaimana anggaran kita produktif. Kalau hortikultura, di pangan ada kedelai, ada cabai, bawang, di peternakan ada sapi, perkebunan ada gula. Jadi, ini harus fokus,” kata Mentan, seperti mengutip Antaranews (10/4).

Menurut Amran, Kementerian Pertanian pada 2016 fokus meningkatkan produksi cabai, bawang dan beras, sedangkan pada 2017 difokuskan ke tanaman jagung.

Ia mengemukakan hingga April ini belum terdapat permintaan untuk impor komoditas jagung.

“Belum ada permohonan impor, dan stok kita masih banyak,” lanjut Mentan Amran.

Sebelumnya Presiden Republik Indonesia Joko Widodo atau yang akrab disapa Jokowi, dalam Sidang Kabinet Paripurna membahas Pagu Indikatif RAPBN 2018 mengarahkan Menteri Pertanian untuk lebih mengembangkan tanaman hortikultura.

Presiden menilai peningkatan produksi padi sudah dapat mencukupi kebutuhan dalam negeri dan persediaan cadangan gabah.

“Biasanya bulan-bulan Januari-Februari-Maret ini biasanya stok kita paling rendah, tapi saat ini menjelang ke panen raya justru stoknya sangat banyak,” ungkap Presiden Jokowi.

Baca Juga:  Pemerintah Targetkan Lampung Jadi Lumbung Udang Nasional
loading...
loading...