Kementan Fokuskan Tanam Bibit Bawang Putih Tahun Ini


Pertanianku – Bawang putih merupakan salah satu komoditas utama di Indonesia yang memang menjadi salah satu fokus pemerintah. Menteri Pertanian RI (Mentan) Andi Amran Sulaiman optimis akan mewujudkan Indonesia swasembada bawang putih.

Hal ini dilakukan Mentan bukan tanpa alasan. Sebab, Indonesia memiliki luas lahan tanam bawang yang cukup luas. Hal inilah yang membuat Mentan optimis.

Jika untuk mewujudkan swasembada padi, dibutuhkan 15 juta hektare lahan, dan 5 juta hektare untuk swasembada jagung. Sementara itu, mencapai swasembada bawang putih hanya membutuhkan sekitar 60 ribu hektare.

“Bawang putih hanya butuh 60 ribu hektare sudah swasembada. Kecil sekali, kita bisa lakukan dalam waktu singkat,” kata Mentan beberapa waktu lalu, seperti melansir Republika (4/7).

Untuk itu, penyediaan lahan dilakukan di beberapa daerah seperti Temanggung (Jawa Tengah), Magelang (Jawa Tengah), Tegal (Jawa Tengah), Sembalun (Lombok Timur), Solok (Sumatera Barat), dan Sulawesi Selatan. Penanaman bawang diproyeksikan akan dilakukan pada tahun ini.

Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Direktorat Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto menyebutkan pihaknya telah mempersiapkan banyak hal, salah satunya berkoordinasi dengan pemerintah.

“Tahun ini ditargetkan di dua tempat, Jawa Timur sama di NTB,” katanya. Ia menambahkan, tahun ini sebanyak 2.600 hektare akan ditanami bawang. Lahan tersebut tersebar di tiga kabupaten di Jawa Timur, yakni Temanggung (1.000 hektare), Magelang (70 hektare), Tegal (30 hektare). Di Lombok Timur, NTB itu ada 1.500 hektare.

Namun, tahun ini penanaman di lahan seluas 2.600 hektare tersebut ditargetkan untuk keperluan bibit, bukan konsumsi. “Jadi tahun 2017 targetnya untuk bibit. Tahun 2018, targetnya bibit sebagian untuk konsumsi, sekitar 17 persen,” jelas Prihasto.

Diperkirakan, 1 hektare lahan akan menghasilkan 5 ton bibit bawang. Itu artinya, 2.600 hektare lahan yang direncanakan penanaman tahun ini bisa menghasilkan 13 ribu ton bibit. Biaya yang dibutuhkan untuk penanaman tahun ini sekitar Rp182 miliar.

Baca Juga:  KKP Panen Lele Sistem Bioflok di daerah Perbatasan RI–Malaysia

“Sebanyak Rp70 juta per hektare untuk bantuan saprodi dan benih,” ucapnya.

Sementara itu, pemilihan empat kabupaten tersebut sebagai proyek pertama mewujudkan swasembada bawang karena merupakan dataran tinggi. Seperti diketahui, bawang putih dapat tumbuh baik pada dataran tinggi (di atas 800 meter), tanah berpasir, dan adanya ketersediaan air yang cukup baik.

loading...
loading...