Kementan Gelar Operasi Pasar untuk Menstabilkan Harga Cabai di Jakarta

Pertanianku — Memasuki musim hujan Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar operasi pasar di beberapa pasar yang tersebar di Kota Jakarta, salah satunya adalah Toko Tani Indonesia Center (TTC) yang terletak di bilangan Pasar Minggu, Jakarta. Tujuan utama dari operasi pasar ini adalah memantau stabilitas harga cabai dan bawang putih.

harga cabai
fotoa; pertanianku

Kepala Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi mengatakan, keadaan tersebut harus direspons cepat dengan mengadakan pangan murah untuk mengembalikan kestabilan harga komoditas tertentu.

“Hari ini kita bersama-sama mengamankan pasokan dan harga untuk keperluan rumah tangga di DKI Jakarta. Setidaknya ada 20 ton bawang putih yang kita distribusikan ke pasar tradisional dengan harga Rp30 ribu perkilo,” ujar Agung seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Loading...

Mulanya, harga cabai di pasar tradisional yang tersebar di DKI Jakarta mengalami kenaikan hingga mendekati angka Rp100.000 per kg. Namun, kondisi tersebut sudah mulai berangsur turun hingga saat ini harga cabai Rp70.000 per kg. Kenaikan harga komoditas cabai disebabkan oleh faktor perubahan cuaca buruk yang sedang dialami oleh Indonesia dalam beberapa waktu terakhir.

Kementan mendatangkan pasokan bahan pangan dari para petani Kalimantan, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat yang digunakan untuk menstabilkan harga di DKI Jakarta. Kementan akan terus berupaya untuk mengembalikan kondisi kenaikan harga pangan tersebut hingga kembali ke titik normal.

“Pesan Pak Mentan (Syahrul Yasin Limpo) adalah operasi pasar ini jangan sampai berhenti sebelum harganya turun di angka Rp50 ribu per kilogram,” ujar Agung.

Gubernur DKI Jakarta turut hadir dalam operasi pasar yang digelar Kementan untuk mendukung upaya menstabilkan kembali harga beberapa komoditas pangan di pasar tradisional.

Baca Juga:  Kementan Pastikan Ketersediaan Pupuk Periode 2020 Cukup

Selain memantau stabilitas, Kementan bekerja sama dengan food station dan PD Pasar Jaya untuk menyalurkan 30 ton cabai dan bawang putih untuk 22 pasar yang tersebar di Kota Jakarta. Kegiatan ini dilakukan setiap komoditas pertanian sedang mengalami kenaikan di pasar-pasar tradisional.

Operasi ini dilakukan di 22 pasar, di antaranya Pasar Pulo Gadung, Johar Baru, Pasar Tebet Barat, Pasar Koja Baru, Pasar Petojo Hilir, Pasar Gondangdia, Pasar Pondok Labu, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Kelapa Gading, Pasar Cijantung, Pasar Kramat Jati, Pasar Pasar Minggu, Pasar Kebayoran Lama, dan masih banyak lagi.

 

Loading...
Loading...