Kementan Gelar Pasar Murah Demi Stabilkan Harga Cabai

Pertanianku — Kementerian Pertanian (Kementan) menggelar pasar murah di Jakarta dan Bogor melalui Toko Tani Indonesia. Hal tersebut dilakukan setelah melihat adanya pergerakan harga cabai yang tinggi di pasaran dalam kurun beberapa waktu terakhir menjelang Lebaran.

harga cabai
Foto: Pexels

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementan, Agung Hendriadi mengatakan, pergerakan harga cabai merah keriting dan cabai rawit merah dalam dua minggu terakhir ini masih cukup tinggi. Berdasarkan pantauan di portal Info Pangan Jakarta per 5 Juli 2019, rata-rata harga cabai merah keriting berada di level Rp63 ribu per kilogram (kg) dan cabai rawit merah Rp59 ribu per kg.

“Karena melihat ada kecenderungan harga cabai merah yang masih tinggi, melalui gelar pasar murah ini diharapkan harga cabai bisa turun dan kembali normal,” kata Agung dalam siaran pers, Senin (8/7).

Loading...

Dalam gelar pasar murah tersebut Kementan menyediakan cabai merah keriting dan cabai rawit merah dibanderol pada harga Rp 35 ribu per kg dan Rp 36 ribu per kg. Menurut Kepala Pusat Distribusi dan Cadangan Pangan BKP Kementan, Risfaheri, pihaknya menggelontorkan cabai pada gelar pasar cabai sebesar 3 ton selama dua hari.

“Pasokan cabai untuk gelar pasar murah ini kami upayakan terus tersedia, hingga harga stabil,” ujar dia.

Adapun cabai tersebut didatangkan langsung dari gabungan kelompok tani (gapoktan) cabai binaan Kementan. Harapannya, disparitas harga antara produsen dan pedagang bisa ditekan. Sementara, harga cabainya, ia harapkan dapat lebih rendah dibanding pasar supaya masyarakat terbantu.

Baca Juga:  Mengintip Keuntungan Budidaya Kurma Tropis
Loading...
Loading...