Kementan Gelontorkan Telur Ayam ke Pasar Demi Stabilkan Harga


Pertanianku — Kementerian Pertanian (Kementan) menggelontorkan 100 ton telur ayam untuk operasi pasar (OP) besar-besaran di 50 titik wilayah Jabodetabek. OP ini serentak dilakukan pada Kamis (19/7).

telur ayam
Foto: Shutterstock19

Melansir Republika, Kepala Bidang Distribusi Pangan Badan Ketahanan Pangan (BKP) Inti Pertiwi mengatakan, 50 titik tersebut meliputi Toko Tani Indonesia (TTI) Center, 43 pasar, dan enam perumahan atau kelurahan.

“Pasar ini yang sempat menjadi lokasi gelar pangan nasional karena kan untuk pasar urusannya banyak,” katanya.

Sebanyak 100 ton telur ayam siap dikirim dengan 100 mobil pick up ke lokasi tersebut yang dilepas langsung oleh Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman.

“Hari ini kita sudah sepakat, kami minta hanya dari kemarin sore setelah sidang kabinet, seluruh produsen guyur pasar harga Rp19.500 per kg,” ujar dia.

Pertiwi juga menambahkan, 100 ton telur ayam ini diperoleh langsung dari peternak Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Banten. Selain itu, didapat juga dari perusahaan hingga asosiasi peternak, yakni Paguyuban Peternak Rakyat Nasional (PPRN), CPI, JAPFA, Layer Nasional (PLN), dan MALINDO.

Menurut Amran, salah satu penyebab tingginya harga telur adalah masalah rantai pasok sehingga melambung ketika sampai di warung atau kosumen akhir. Ini terlihat dari harga di tingkat produsen hanya berkisar Rp18.000 per kg hingga Rp22.000 per kg. Bahkan, ketersediaan telur ayam Januari hingga Juli 2018 surplus.

“Dulu, dua tahun lalu harga telur hancur-hancuran, bahkan ada peternak yang gulung tikar. Tapi dua tahun terakhir, produksi telur bagus dan harga stabil menguntungkan,” ungkap Amran.

Selain di TTI Center, lokasi operasi pasar dilakukan di sejumlah pasar di antaranya Pasar Baru Metro Atom, Pasar Cibubur, Pasar Tebet Barat, Pasar Rawamangun, Pasar Cempaka Putih, Pasar Cijantung, Pasar Mampang Prapatan, Pasar Ciplak, dan Pasar Jembatan Lima.

Baca Juga:  Kementan Optimalisasi Lahan Rawa Sebagai Solusi Penyedia Pangan

Kemudian di Pasar Gondangdia, Pasar Rumpur, Pasar Grogol, Kalibaru, Klender, Tanah Abang, Pos Pengumben, Mayestik, Johar Baru, Pasar Induk Kramat Jati, Cipete Selatan, Paseban, Rawa Badak, Palmeriam, Glodok, Pasar Minggu dan Kelapa Gading. Operasi pasar juga dilakukan di Kebayoran Lama, Pluit, Petojo Ilir, Pulogadung, Pramuka, Lenteng Agung, dan Ujung Menteng.

Selain itu, dilakukan juga di Cengkareng, Santa, Pademangan Timur, Pasanggrahan, Perumahan Asri Permai Citayam, PKK Kelurahan Rawa Badak, Kecamatan Mampang, Perumahan Jatisari Bekasi, Kecamatan Tebet, dan Pasar Tomang Barat.