Kementan Menargetkan Penanaman Bibit Cabai Sebanyak 90 Persen

Pertanianku – Guna meningkatkan produksi cabai tanah air, Kementerian Pertanian (Kementan) menargetkan sebuah program penanaman bibit cabai yang akan diberikan pada masyarakat di berbagai daerah di Indonesia bisa tumbuh dengan baik sebanyak 90 persen.

“Saat ini kami belum evaluasi, tapi seluruh program pemberian bibit cabai kepada masyarakat melalui organisasi PKK misalnya untuk ditanam di pekarangan rumah bisa tumbuh subur sebanyak 90 persen,” kata Muhammad Syakir Kepala Balitbangtan Kementerian Pertanian belum lama ini seperti melansir Republika (27/2).

Selain itu, program ini juga akan diajarkan kepada ibu PKK agar bisa menanam dan memanen cabai dengan hasil yang maksimal meskipun hanya menanam cabai di pekarangan rumah.

“Walaupun di pekarangan rumah, kalau sampai 10 pot dan hasilnya baik kan bisa menghemat anggaran keluarga untuk membeli cabai. Sehingga ketika jelang lebaran tidak perlu membeli dengan harga yang mahal,” tambahnya.

Syakir menyebutkan hingga kini ratusan ribu bibit cabai telah disalurkan ke TP PKK pada sejumlah daerah di Indonesia, rata-rata jumlah yang disalurkan berkisar 30 ribu hingga 50 ribu bibit untuk satu daerah.

“Kami akan terus menyalurkan bibit cabai ini, setelah Bogor sudah ada wilayah yang siap menanam di wilayah Sulawesi, Sumatera dan Jawa. Kalaupun ada yang kurang, kami siap menambahnya,” lanjutnya.

Syakir menambahkan selain menyalurkan bantuan bibit cabai, Badan Litbang Pertanian juga menerjunkan tenaga ahlinya untuk memberikan pendampingan kepada PKK dalam mengembangkan budidaya tanaman cabai di perkarangan rumah.

“Kami punya banyak tenaga ahli yang akan kami terjunkan langsung mendampingi PKK untuk mengawal penanaman cabai ini, kami kerahkan semua UPT yang ada di wilayah, agar gerakan menanam cabai ini berjalan sesuai rencana,” katanya.

loading...
loading...