Kementan Mulai Fokus Meningkatkan Kualitas Budidaya Buah Nasional

Pertanianku — Produksi buah-buahan asal Indonesia memiliki kualitas yang tidak kalah baik dengan buah dari negara lain atau buah impor. Bahkan, banyak yang menilai bahwa buah tropis terbaik di dunia berasal dari Indonesia. Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo menegaskan Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama untuk varietas yang dibutuhkan oleh semua orang.

budidaya buah
foto: pertanianku

“Oleh karena itu, Kementerian Pertanian akan memperkuat budidaya buah, terutama varietas-varietas tertentu yang dibutuhkan dunia serta cocok dengan selera semua orang,” tutur Mentan Syahrul seperti dikutip dari laman pertanian.go.id.

Pada kesempatan yang sama, Mentan menyampaikan bahwa ekspor buah nanas Indonesia sudah diekspor sebnayak Rp1,5 triliun dengan negara tujuan Amerika Serikat, Belanda, Spanyol, Jerman, dan Jepang.

Sementara itu, untuk buah manggis, jumlah buah yang sudah diekspor mencapai Rp1,09 triliun dengan negara tujuan Hongkong, Cina, Malaysia, Saudia Arabia, dan Prancis. Kedua data tersebut menunjukkan banyak negara yang tertarik dengan buah asal Indonesia.

“Untuk mangga, eskpor utama kita ke Singapura, Amerika Serikat, Cina, Hongkong, Vietnam. Salak juga seperti itu nilainya di atas Rp9 miliar, rambutan dan durian termasuk buah naga,” papar Mentan.

Atas banyaknya permintaan terhadap buah nasional, Mentan berharap seluruh integrator yang terlibat dalam membantu dan menyusun konsep dapat membantu produksi buah nasional sehingga bisa memenuhi seluruh permintaan yang ada.

“Sehingga berapa pun komoditi pertanian yang dibutuhkan mampu disiapkan dengan baik. Khusus untuk buah, berdasarkan data eskpornya ke Cina Rp94 triliun dan yang diimpor masuk Rp45 (triliun). Jadi, kita masih plus dan ini sangat terbuka di mana-mana,” jelas Mentan Syahrul.

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menilai komoditas hortikultura khusus buah-buahan memiliki peluang yang sangat besar untuk menambah jumlah devisa negara dan menjadi komoditas andalan dari Indonesia di pasar ekspor.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Menanam Buah Kesemek

“Berdasarkan data BPS bulan Juni 2020, ekspor buah-buahan tumbuh sebesar 23,21 persen di mana sampai dengan uni 2020 nilai ekspor kita sebesar 430,4 juta US dolar,” kata Menteri Syahrul.

Buah mangga, nanas, dan kacang-kacangan merupakan jenis buah dengan jumlah ekspor terbesar. Sementara itu, untuk negara tujuan ekspor masih meliputi Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Malaysia, dan India.


loading...