Kementan: Peternak Harus Terapkan Prinsip Animal Welfare


Pertanianku – Para pelaku usaha peternakan lokal harus terus diperhatikan oleh pemerintah. Untuk itu, Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita, tengah mengupayakan langkah cepat guna melindungi para pelaku usaha peternak lokal.

“Kami sudah meminta kepada para peternak unggas lokal agar memperbaiki manajemen pemeliharaan dan menerapkan prinsip-prinsip animal welfare. Penerapan prinsip animal welfare penting dilakukan guna mendorong pengembangan unggas lokal agar berdaya saing,” ucap Ketut Diarmita belum lama ini.

Pihaknya juga menegaskan tengah mengupayakan agar harga jual daging ayam dan telur ayam tak lagi di bawah ongkos produksi. Dengan demikian, kondisi peternak rakyat tidak lagi dikuasai oleh perusahaan peternakan skala besar.

Untuk mengantisipasi kenaikan harga jagung untuk pakan, Kementan telah bekerja sama dengan asosiasi Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT). Organisasi ini diminta untuk mendorong perusahaan anggotanya untuk bisa lebih mengutamakan menyerap produksi jagung lokal untuk kebutuhan industrinya.

Baca Juga:  Jangkrik Ini Dijual Rp100-an Juta!
loading...
loading...