Kementan: RI Pilih Daging Impor Termurah


Pertanianku – Guna memenuhi kebutuhan daging dalam negeri, Kementerian Pertanian Republik Indonesia (Kementan) akan mendatangkan 50 ribu ton daging dari beberapa negara. Kementan mendatangkan daging-daging tersebut dari negara-negara yang menawarkan harga terendah. Beberapa negara tersebut di antaranya Meksiko, Spanyol, Selandia Baru, dan India.

“Masing-masing berapa tergantung harga setempat,” ungkap Menteri Pertanian Amran Sulaiman usai menggelar rapat koordinasi bersama Kementerian Perdagangan dan Perum Bulog di Gedung Kementan, baru-baru ini seperti melansir Republika (30/3).

Tujuan mendatangkan daging dari beberapa negara tersebut untuk menekan harga. Harapannya, konsumen mendapatkan daging dengan harga terjangkau. Ia menambahkan, saat ini sudah ada stok 40 ribu ton daging.

Lebih lanjut Mentan mengatakan bahwa dengan stok 40 ribu ton mampu mencukupi kebutuhan dalam negeri. Stok daging tersebut merupakan daging sapi dan kerbau.

“Tapi kita impor sampai dengan situasi harga di pasar baik,” lanjutnya.

Berdasarkan perhitungan Amran, kebutuhan dalam negeri hingga Ramadan atau tiga bulan ke depan sebesar 30 ribu ton. Impor diharapkan dapat mengantisipasi adanya gejolak harga yang kemungkinan terjadi. Pihaknya pun akan mengejar kembali realisasi impor tahun lalu.

“Kita lanjutkan rencana impor kemarin,” tutupnya.

Baca Juga:  Pemerintah Targetkan Lampung Jadi Lumbung Udang Nasional
loading...
loading...