Kementan Siapkan Petani Generasi Milenial Berdaya Saing Tinggi


Pertanianku — Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi semakin pesat dan hampir menyeluruh di segala bidang, termasuk pertanian. Oleh karena itu, Kementerian Pertanian (Kementan) terus menyiapkan petani generasi milenial yang berdaya saing tinggi di pasaran.

petani generasi milenial
Foto: CompassList

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementan, Momon Rusmono, menyebutkan Kementan akan mencetak generasi muda mandiri, profesional, dan berdaya saing tinggi sesuai dengan kebutuhan zaman.

Salah satu komitmen Kementan untuk mencetak petani muda generasi milenial yang adalah transformasi Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STTP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) bertaraf internasional dengan berkurikulum vokasi.

“Transformasi ini didesain untuk mencetak milenial tani profesional yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan baru dan memiliki sertifikat internasional,” ujar Momon seperti dikutip dari laman Kementan.

Menurut Kepala Pusat Pendidikan Pertanian-BPPSDMP Kementan, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi juga perlu diwaspadai. Hal ini karena selain menyediakan lahan kreativitas, juga bisa berpotensi dekadensi moral dan spiritual.

“Generasi muda harus bisa membedakan mana yang baik dan buruk yang bisa menjamin masa depan generasi muda Indonesia tetap cerah,” tegas Idha.

Idha melanjutkan bahwa sejak 2017 Kementan melalui BPPSDMP telah menyelenggarakan Pelatihan Bimbingan Teknis dan Bimbingan Asuh bagi Pengasuh Mahasiswa Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dan Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan. Program ini akan terus dilanjutkan pada 2019 sebagai salah satu upaya penguatan pendidikan karakter bagi generasi muda pertanian.

Pendidikan karakter akan membentuk peserta didik bidang pertanian menjadi sumber daya manusia yang tangguh, andal, dan profesional.

“Dalam waktu singkat penandatanganan naskah kerjasama antara BPPSDMP dan Gubernur Akademi Militer (AKMIL)akan dilaksanakan secara konkrit melalui Pelatihan Bela Negara, pola asuh dan pendidikan karakter, serta manajemen,” jelas Idha.

Baca Juga:  Indramayu Siap Pecahkan Rekor MURI dengan Festival Padi 2019
loading...