Kementerian Pertanian Serahkan KUR kepada Petani Karanganyar

Pertanianku — Kredit Usaha Rakyat (KUR) merupakan salah satu program yang sedang digalakkan oleh pemerintah untuk mendukung peningkatan produktivitas pertanian Indonesia. Pada Rabu, 12 Februari lalu, Kementerian Pertanian serahkan bantuan KUR kepada 217 petani di Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

KUR
foto: ilustrasi unsplash

Upaya ini merupakan langkah nyata dari pemeirntah untuk mewujudkan pertanian yang maju, mandiri, dan modern. Dana KUR tersebut merupakan implementasi Gerakan Menyongsong Pertanian 4.0. Penyerahan dana tersebut dilakukan secara simbolik oleh Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo kepada BNI di Desa Wonorejo, Kecamatan Jatiyoso.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pertanian juga menyerahkan bantuan pembiayaan lain, yaitu polis asuransi pertanian yang diperuntukkan kepada petani jagung. Polis asuransi usaha tanaman pangan (AUTP) untuk lahan seluas 9.133 hektare senilai Rp1.644 miliar, dan klaim AUTP untuk lahan seluas 254,11 hektare sebesar Rp1.319 miliar.

Loading...

Menteri Pertanian berharap dengan adanya aliran dana untuk membantu para petani meningkatkan produktivitas dimanfaatkan dengan baik agar mampu memperbaiki kondisi ekonomi rakyat dan menyejahterakan para petani.

“Kegiatan hari ini adalah bagian dari tekad kita agar besok rakyat dan masyarakat tani bisa mendapatkan keuntungan, kesejahteraan, dan ekonomi yang harus lebih baik dibandingkan hari-hari sebelumnya. Jadi, saya sangat mendorong penggunaan KUR ini. Manfaatkan KUR dengan sebaik-baiknya,” ujar Syahrul seperti dikutip dari laman Kementerian Pertanian Republik Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk menyejahterakan petani di seluruh Indonesia dilakukan dengan menyiapkan anggaran KUR sebesar Rp50 triliun yang tersebar di BNI Rp20 triliun, BRI Rp10 triliun, dan Bank Mandiri Rp20 triliun.

Penyerahan dana KUR ini juga merupakan implementasi nyata dari arahan Presiden Jokowi yang meminta untuk menaikkan produksi pangan agar mampu menghidupi rakyat Indonesia yang mencapai 267 juta jiwa.

Baca Juga:  Konsumsi Ikan untuk Meningkatkan Imunitas di Tengah Wabah Covid-19

Pertanian di Karanganyar menjadi salah satu daerah yang berpotensial untuk menghasilkan beragam jenis bahan pangan dengan tanahnya yang subur. Apalagi saat dikelola dengan baik, menerapkan manajemen atau cara-cara bertanam yang baik dirasa mampu menghasilkan produksi pertanian menjadi lebih optimal.

Bantuan ini disambut baik oleh Kepala Dinas Pertanian Karanganyar, Siti Maesaroh. Dana pinjaman yang diberikan pemerintah memiliki bunga yang lebih kecil hanya 6 persen dibandingkan bunga pinjaman biasa yang mencapai 14 persen.

Loading...
Loading...