Kementerian Pertanian Tingkatkan Produksi Buah Dalam Negeri


Pertanianku – Setelah membenahi 11 program Kementerian Pertanian dan beras telah berhasil mencapai peningkatan produksi yang signifikan, Menteri Pertanian, Amran Sulaiman,  “Saat ini memfokuskan untuk meningkatkan produksi buah di dalam negeri. Selain untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri, juga untuk mengembangkan ekspor buah sehingga dapat meningkatkan devisa negara,” ujar Amran.

Kementerian Pertanian Tingkatkan Produksi Buah Dalam Negeri

AMran mengatakan pada kesempatan ini didampingi oleh Rektor IPB, Herry Suhardiyanto dan Dirut PTPN VIII,  Ir. Dadi Sunardi menyatakan mengapresiasi ide revolusi oranye yang digulirkan Rektor IPB dalam rangka peningkatan produksi buah.

“Ini langkah bagus yang harus terus dikembangkan di sektor hortikultura. Karena kita tahu bahwa hasil horti merupakan komoditas unggul untuk ekspor. Jangan sampai kita terus-terusan impor buah,” tutur Amran.

Kementerian Pertanian menargetkan  lahan seluas 100 ribu hektar di seluruh wilayah Indonesia dengan melibatkan lima PTPN sebagai  upaya untuk  pengembangan tanaman hortikultura seperti mangga, lengkeng, pisang, alpukat, manggis, durian dan jeruk. Sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo. Kementerian pertanian mendorong program yang dilaksanakan oleh IPB bekerja sama dengan PT. Perkebunan Nusantara ini akan mampu membawa petani hortikultura lebih sejahtera. “Saat ini, pasar utamanya adalah pasar domestik. Direncanakan pada tahun 2020 akan menuju pasar ekspor,” ujar Amran.

Baca Juga:  FDA Cabut klaim Kedelai Bermanfaat untuk Jantung
loading...
loading...