Kemenyan, Pohon Mistis Penghasil Resin yang Mahal

Pertanianku — Mungkin masih banyak orang Indonesia yang menganggap kemenyan merupakan pohon mistis karena sering dikaitkan dengan hal-hal berbau supranatural. Terlepas dari kesan yang menyeramkan, pohon kemenyan merupakan penghasil resin yang merupakan bahan baku parfum.

pohon kemenyan
foto : https://ragunanzoo.jakarta.go.id/

Parfum yang terbuat dari resin kemenyan disebut parfum tobarium. Parfum ini merupakan inovasi yang berhasil ditampilkan di Indonesia Innovation Day di Jerman 2019 lalu. Parfum tobarium memiliki spesifikasi aroma yang berbeda dari parfum-parfum lain yang sudah beredar di pasaran. Perbedaan ini membuat aroma parfum tobarium bernilai ekonomi tinggi.

Parfum tobarium yang terbuat dari kemenyan tidak menggunakan alkohol dan tingkat konsentrasi kelarutannya tinggi sehingga parfum tahan lama. Aroma yang dikeluarkan oleh parfum ini berfungsi sebagai aroma terapi dan penyegar.

Cut Riziani Cholibrina, peneliti di Balai Litbang LHK Aek Nauli merupakan penemu dari parfum tobarium yang sangat wangi ini. Parfum tersebut diracik dari minyak kemenyan dan minyak atsiri yang didapatkan dari hutan tropis Indonesia sehingga tercipta gradasi aroma yang cukup kentara.

Saat ini parfum kemenyan sudah memiliki tujuh varian aroma, yaitu floral fresh (Rizla), floral fruit (Riedh), cempaka (jeumpa), woody (Azwa), green oceanic (Aphis), oriental (Tiara), dan forest (Sylva).

Kehadiran inovasi parfum tobarium dengan aromanya yang sangat khas dapat membuat nilai tambah bagi resin kemenyan. Pohon kemenyan telah menjadi salah satu kekayaan hayati Indonesia yang harus dijaga dan terus dilestarikan.

Wewangian kemenyan yang baru saja terhirup bisa meningkatkan kemampuan belajar dan menghilangkan stres karena aroma tersebut mampu mengoreksi pusat kecemasan yang berada di otak. Aroma kemenyan bisa menstimulasi otak dengan cepat hingga sampai di gelombang teta pada frekuensi 4—8 hertz. Efek yang ditimbulkan aroma kemenyan hampir sama ketika Anda sedang mendengarkan musik.

Baca Juga:  Langkah Pembuatan Lada Hitam

Mulai dari sekarang Anda sudah mengenal bahwa pohon kemenyan bukan sekadar pohon mistis yang menakutkan. Pohon kemenyan merupakan kekayaan Indonesia yang dapat menghasilkan nilai ekonomi yang tinggi apabila dikelola dengan tepat.