Kenal Lebih Dekat dengan Grapefruit, Buah yang Populer di Amerika dan Eropa

Pertanianku Grapefruit merupakan buah jeruk yang sangat populer di Amerika dan Eropa. Buah ini berwarna oranye kekuningan dengan rasa yang asam. Secara tampilan fisik, grapefruit lebih mirip dengan buah jeruk bali yang sangat mudah dijumpai di Indonesia. Tak heran, sebagian besar masyarakat Indonesia menyebutnya dengan nama jeruk bali merah.

grapefruit
foto: Piixabay

Grapefruit berasal dari Barbados, negara kepulauan yang berada di perbatasan Laut karibia dan Samudra Atlantik. Buah ini sangat berkhasiat untuk kesehatan karena dapat melindungi kesehatan jantung, mengencangkan kulit, menjaga metabolisme tubuh, menghaluskan kulit, dan membersihkan rumah.

Kandungan antioksidan di dalam grapefruit terbilang cukup tinggi sehingga mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh.

Seseorang yang rutin mengonsumsi buah ini dapat memperoleh kulit wajah yang kencang dan halus. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C tersebut mampu bekerja untuk menghasilkan kolagen yang mampu menjaga kesehatan kulit. Selain itu, buah ini juga mampu menjaga metabolisme tubuh jika menjadi menu harian Anda.

Kulit buah grapefruit dapat digunakan untuk menjaga kehalusan kulit tubuh. Anda dapat menggunakannya sebagai lulur alami, tetapi jangan usapkan ke bagian muka karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit yang sensitif.

Namun, grapefruit tidak selalu aman dimakan, terutama untuk Anda yang tengah mengonsumsi obat-obatan tertentu. Buah ini mampu menyerap efek negatif dari obat tersebut dan membuatnya terendap di dalam tubuh. Pernah ditemukan kasus efek overdosis karena buah ini.

Kandungan asam sitrat di dalam buah, termasuk jeruk lemon cukup berisiko menyebabkan mulut dan tenggorokan iritasi sesaat setelah mengonsumsinya.

Selain berkhasiat untuk kesehatan, Anda juga bisa menggunakan grapefruit untuk membersihkan rumah. Buah ini berfungsi sebagai pembersih alami dengan kadar gula yang rendah. Buah ini dapat dipadukan dengan garam atau soda kue untuk membersihkan kamar mandi.

Baca Juga:  Lokasi yang Cocok untuk Menanam Nanas

Sebagai pembersih, grapefruit bekerja dengan baik pada permukaan yang keras dan tidak berpori seperti ubin keramik, porselen, metal, dan kaca. Sementara itu, pada permukaan berbahan batu alam seperti granit, marmer, atau travertine tidak bisa dibersihkan oleh buah ini karena kandungan asam grapefruit justru dapat merusak permukaannya.