Kenal Lebih Jauh Khasiat Labu Madu untuk Kesehatan Tubuh

Pertanianku Labu madu atau butternut squash merupakan tanaman sejenis labu yang sudah mulai dikenal di Indonesia. Buah ini berasal dari Waltham, Amerika Serikat, berbentuk menyerupai bohlam lampu, bertekstur lembut, dan rasanya manis. Nama Latin tanaman buah ini adalah Curcubita moschata dan sering disebut sebagai butternut pumpkin.

labu madu
foto; Pixabay

Saat ini labu madu sudah banyak dibudidayakan dan dikembangkan di Indonesia sehingga buah ini cukup mudah dijumpai di beberapa supermarket. Budidaya tanaman buah asal Amerika Serikat ini terbilang cukup mudah dan hampir sama seperti budidaya tanaman labu atau tanaman hortikultura umumnya. Berikut ini beberapa manfaat labu madu untuk kesehatan tubuh.

Pendamping ASI

Tak hanya manis, buah labu madu juga terkenal kaya nutrisi dan mengandung serat cukup tinggi. Buah mengandung antioksidan, beta karoten, vitamin, dan vitamin B yang kompleks sehingga buah sangat bagus sebagai pendamping ASI.

Di dalam labu terkandung folat, nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi yang sedang belajar makan. Folat berguna untuk membantu metabolisme asam amino, membentuk eritrosit dan leukosit. Selain untuk bayi, kandungan folat juga bermanfaat untuk ibu hamil karena membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A di dalam labu berguna untuk menjaga kondisi kesehatan tubuh dan kesehatan mata.

Sumber antioksidan

Labu mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Kandungan vitamin C tersebut berperan sebagai antioksidan untuk melawan berbagai radikal bebas yang berasal dari luar dan menjaga daya tahan tubuh.

Mengatasi gejala anemia

Kandungan zat besi dalam buah ini bermanfaat mengobati gejala anemia. Selain itu, zat besi tersebut berguna untuk membantu metabolisme di dalam tubuh dengan mendorong perkembangan otot, otak, dan daya tahan tubuh.

Baca Juga:  Buncis, Sayur yang Bagus untuk Penderita Diabetes Melitus

Memperlancar pencernaan

Labu madu mengandung serat cukup tinggi yang mampu memperlancar sistem pencernaan. Selain itu, buah ini juga bagus untuk dikonsumsi oleh orang-orang yang sedang menjalani program diet.